Akan Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kesiapan Bandara Silangit

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 22:48 WIB
Akan Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kesiapan Bandara Silangit
Akan Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kesiapan Bandara Silangit
A A A
JAKARTA - Bandara Internasional Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 28 Oktober mendatang. Untuk memantau kesiapan bandara ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin.

"Ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah guna meningkatkan pariwisata Danau Toba agar para wisatawan dari mancanegara bisa berkunjung ke danau yang memilki luas 100 kilometer ini," ujarnya, dalam keterangan pers, Sabtu (14/10/2017).

Menhub menuturkan pihaknya ingin memastikan seluruh fasilitas bandara sudah benar-benar rapi, seperti ruang keberangkatan, kedatangan, imigrasi, karantina hewan, dan tumbuhan, serta ruang bea cukai di Bandara Silangit. "Sebagai bandara internasional saya berharap Bandara Silangit ini memiliki fasilitas lengkap," katanya.

Di tengah kunjungannya, Menhub menyempatkan untuk menyapa para penumpang dan sempat berinteraksi berbincang-bincang. "Dengan dijadikannya Bandara Silangit menjadi bandara internasional, saya optimistis kunjungan wisatawan mancanegara ke Danau Toba akan lebih banyak lagi," imbuhnya.

Menurut Budi, dengan keindahan alam Danau Toba yang ditunjang keberadaan infrastruktur, seperti Bandara Silangit sebagai bandara internasional, maka jumlah wisatawan mancanegara akan jauh lebih banyak lagi.

Sehingga dengan adanya bandara Silangit ini, para penumpang tidak perlu lagi menempuh perjalanan hingga berjam-jam dari Medan ke Danau Toba.

Bandara Silangit akan dibuka sebagai bandara internasional pada 28 Oktober 2017 dengan penerbangan secara langsung dari Singapura. Hingga saat ini, sudah ada empat maskapai yang membuka rute ke Bandara Silangit, di antaranya Garuda Indonesia, Sriwijaya, Susi Air, dan Wings Air.

Sebelumnya status Bandara Silangit merupakan bandara untuk penerbangan perintis bersubsidi dengan panjang landasan hanya 400 meter. Pada Maret 2005, landasan Bandara Silangit diperpanjang menjadi 900 meter. Selanjutnya, menjadi 1.400 meter, 2.400 meter dan kini 2.650 meter. Pada Maret 2016, Bandara Silangit telah menjadi bandara umum yang ditandai penerbangan langsung Garuda Indonesia.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5510 seconds (0.1#10.140)