15 Universitas Swasta dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual Terbaik di Indonesia

Sabtu, 11 November 2023 - 09:11 WIB
loading...
15 Universitas Swasta dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual Terbaik di Indonesia
Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menjadi salah satu universitas swasta yang memiliki jurusan desain komunikasi visual favorit di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 15 universitas swasta dengan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV ) terbaik di Indonesia. Kamu memiliki passion di bidang desain maupun menggambar? Jika iya maka kuliah di jurusan DKV menjadi salah satu pilihan untuk mempelajarinya lebih dalam.

Lalu universitas mana yang memiliki jurusan DKV terbaik? Saat ini bukan hanya perguruan tinggi negeri (PTN) yang dikenal memiliki jurusan DKV mumpuni, banyak universitas swasta (PTS) yang kini juga tak mau kalah dengan membuka jurusan DKV. Artikel kali ini akan khusus membahas 15 universitas swasta terbaik di Indonesia, simak ya!

15 Universitas Swasta dengan Jurusan DKV Terbaik di Indonesia


1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Jurusan DKV di universitas yang satu ini telah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2014 hingga bulan Desember tahun 2019.
Kemudian, jurusan DKV IKJ kembali mendapat akreditasi A untuk periode lima tahun berikutnya, yaitu mulai tahun 2019 hingga bulan Oktober tahun 2024 mendatang.

2. Universitas Kristen Petra


Universitas Kristen Petra di Surabaya juga masuk ke dalam daftar universitas swasta dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia setelah IKJ. Bersama dengan tiga perguruan tinggi swasta lainnya, Universitas Kristen Petra berhasil mencatatkan akreditasi A untuk jurusan DKV pada tahun 2015 lalu. Di tahun 2020, jurusan DKV Universitas Kristen Petra kembali berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT untuk periode tahun 2020 hingga tahun 2025.

3. Universitas Ciputra


Satu lagi universitas swasta di Surabaya yang memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia, yaitu Universitas Ciputra. Sama seperti Universitas Kristen Petra, jurusan DKV yang terdapat di Universitas Ciputra juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2015 yang berlaku hingga bulan Desember 2020.

4. Universitas Pelita Harapan (UPH)


Selanjutnya adalah salah satu universitas swasta yang banyak diincar di daerah Karawaci, Tangerang, yaitu Universitas Pelita Harapan. Minat masyarakat yang tinggi untuk masuk ke universitas ini bukan tanpa alasan, Universitas Pelita Harapan memiliki beragam jurusan terbaik yang tidak kalah saing dengan universitas negeri lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah jurusan DKV yang masuk ke dalam jajaran jurusan DKV terbaik di Indonesia dengan akreditasi A dari BAN-PT.

5. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)


Universitas Dian Nuswantoro yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Semarang, jawa Tengah. Selain institusinya yang mendapatkan akreditasi A, jurusan DKV di universitas tersebut juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Hal tersebut sekaligus menempatkan jurusan DKV Universitas Dian Nuswantoro sebagai salah satu jurusan DKV terbaik di Indonesia untuk universitas swasta.


6. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)


Masih di daerah Tangerang, Universitas Multimedia Nusantara juga mencatatkan diri sebagai salah satu universitas swasta yang memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia. Universitas swasta yang berdiri pada tahun 2005 ini berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan DKV yang ada di sana.

Kalau kamu hendak mendaftar ke jurusan DKV di universitas ini, kamu bisa memilih peminatan Graphic Design atau Interactive Media Design sesuai dengan minat kamu.

7. Universitas Trisakti


Universitas ini secara resmi didirikan pada tahun 1965 di Jakarta Barat dan berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia. Sama seperti di universitas sebelumnya, jurusan DKV yang terdapat di Universitas Trisakti juga masuk menjadi jurusan DKV terbaik di Indonesia dengan akreditasi A yang diberikan oleh BAN-PT.

8. Universitas Bina Nusantara (Binus)


Berikutnya adalah jurusan DKV terbaik di Indonesia yang berada di bawah naungan universitas swasta ternama di kawasan Jabodetabek, yaitu jurusan DKV Universitas Bina Nusantara. Masih sama seperti jurusan DKV di universitas swasta sebelumnya, jurusan DKV yang ada di Binus juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Jurusan DKV di Binus sendiri berada di bawah naungan Sekolah Desain.

9. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)


Universitas Kristen Satya Wacana merupakan salah satu universitas swasta tertua di Indonesia. Pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Kristen Indonesia pada tahun 1956 menjadi cikal bakal berdirinya Universitas Kristen Satya Wacana di Salatiga, Jawa Tengah.

Universitas ini juga memiliki salah satu jurusan DKV terbaik di Indonesia dengan akreditasi A dari BAN-PT. Untuk jurusan DKV di universitas yang satu ini sendiri berdiri di bawah naungan Fakultas Teknologi Informasi.

10. Universitas Telkom


Universitas swasta yang memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Telkom. Untuk jurusan DKV Universitas Telkom sendiri berada di bawah naungan Fakultas Industri Kreatif atau FIK.

11. Universitas Paramadina


Jurusan DKV terbaik di Indonesia selanjutnya adalah jurusan DKV yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Rekayasa Universitas Paramadina. Pada tahun 2017, jurusan DKV yang satu ini berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu jurusan DKV universitas swasta yang memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

12. Universitas Bunda Mulia


UBM atau Universitas Bunda Mulia di Jakarta Utara juga masuk menjadi salah satu universitas swasta yang memiliki jurusan DKV terbaik di Indonesia. Sama seperti Universitas Paramadina, jurusan DKV di Universitas Bunda Mulia mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2017.


13. Universitas Tarumanagara


Universitas Tarumanagara menjadi salah satu universitas swasta tertua mengingat pendiriannya pada tanggal 1 Oktober 1959.
Jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanagara itu juga mendapat akreditasi A dari BAN-PT yang berlaku mulai tahun 2017.

14. Universitas Indraprasta PGRI


Pada tahun 2018, ada dua universitas swasta yang mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan DKV. Salah satunya adalah Universitas Indraprasta PGRI dan sekaligus mencatatkan diri sebagai salah satu universitas swasta dengan jurusan DKV terbaik di Indonesia.

15. Institut Teknologi Nasional Bandung


Jurusan DKV terbaik di Indonesia yang selanjutnya adalah jurusan DKV di Institut Teknologi Nasional Bandung. Bersama Universitas Indraprasta PGRI, jurusan DKV di universitas swasta yang satu ini juga mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT pada tahun 2018. Jurusan DKV ini berdiri sebagai bagian dari Fakultas Seni Rupa dan Desain atau FSRD Itenas.

(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)