Legasi Kenaikan Gaji Guru Honorer di Jateng Era Ganjar Berpeluang Diadopsi ke Tingkat Nasional

Sabtu, 11 November 2023 - 12:46 WIB
loading...
Legasi Kenaikan Gaji Guru Honorer di Jateng Era Ganjar Berpeluang Diadopsi ke Tingkat Nasional
Salah satu prestasi mentereng Capres Ganjar Pranowo saat memimpin Jawa Tengah adalah meningkatkan gaji guru honorer di Jawa Tengah, bahkan hingga 10 kali lipat. Legasi kebijakan ini berpeluang besar diterapkan di tingkat nasional. Foto/dok MPI
A A A
JAKARTA - Salah satu prestasi mentereng Capres Ganjar Pranowo saat memimpin Jawa Tengah adalah meningkatkan gaji guru honorer di Jawa Tengah, bahkan hingga 10 kali lipat. Sebelumnya gaji guru honorer di provinsi tersebut sangatlah rendah, hanya berkisar 200-ribuan saja per bulan. Namun sejak era Ganjar gaji guru honorer berhasil dinaikkan menjadi sekitar Rp2 jutaan per bulan.

Sejumlah guru honorer di Jawa Tengah memberikan testimoni terkait kenaikkan gaji mereka sebanyak 10 kali lipat di era kepemimpinan Ganjar Pranowo. Salah satunya seorang guru di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, bernama Titin yang awalnya sudah merencanakan menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jepang karena gajinya sangat kecil.



Namun, setelah menerima pemberitahuan tentang peningkatan gaji yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo pada 2017, Titin memutuskan membatalkan rencananya.

Sekarang ia menerima upah sebesar Rp2.560.000 per bulan dan merasakan peningkatan pendapatan setiap tahunnya “Sekarang saya terima Rp2.560.000, setiap tahun ada peningkatan. Kita dihargai oleh provinsi, ya diuwongke tadi,” tutur Titin semringah.

Dilansir dari berbagai sumber, gaji guru honorer di Indonesia umumnya bervariasi tergantung pada lokasi dan wilayahnya. Di kota-kota besar, gaji guru honorer berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta, sementara di daerah pedesaan, gaji tersebut dapat berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp 1 juta.

Besaran gaji yang sangat kecil untuk seorang pahlawan tanpa tanda jasa. Selain itu, seringkali para guru honorer di daerah tidak memiliki jaminan jangka waktu yang pasti untuk pekerjaan mereka.

Kendati saat ini gaji honorer masih belum sepenuhnya merata namun upaya yang telah dilakukan Capres yang didukung Perindo, Ganjar Pranowo ini tentu bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan sosial para guru honorer di wilayah Jateng.

Ganjar Ingin Tingkatkan Gaji Guru di Indonesia


Capres Ganjar Pranowo sudah berkali-kali menyampaikan niatnya untuk meningkatkan gaji guru. Peningkatan gaji guru dipandanganya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini. Pernyataan Ganjar tersebut ia sampaikan dalam Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia pada tanggal 17 September 2023 di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, pria kelahiran 28 Oktober 1968 itu berpendapat disamping ditunjang infrastruktur yang baik, kualitas pendidikan juga bisa diukur dari kesejahteraan guru.


“Kalau mau kualitas pendidikan kita bagus, gaji gurunya mesti diperhatikan. Kalau mereka ya seperti yang saya sampaikan tadi di ruangan kira-kira 10 besar lulusan perguruan tinggi terbaik mau jadi dosen ngga? Mau jadi guru ngga? Rasanya hanya sedikit orang tapi kalau pendapatan mereka lebih bagus menurut saya ini bagian cara kita menghormati guru dan profesi ini jadi profesi yang bergengsi,” tutur suami Siti Atikoh ini.

Dalam pandangan Ganjar, kenaikan pendapatan guru baik honorer atau PNS dapat menjadikan profesi pengajar lebih menarik bagi lulusan baru yang ingin memilih jalur pendidikan.

Ganjar menyadari bahwa pendidikan yang berkualitas tidak hanya bergantung pada infrastruktur fisik, melainkan juga pada kualitas para guru. Ia menggarisbawahi bahwa hanya sebagian kecil lulusan terbaik yang tertarik untuk menjadi dosen atau guru apalagi honorer, dan peningkatan gaji merupakan langkah penting dalam mengubah persepsi terhadap profesi guru.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)