Penguatan Lanjutan Rupiah Berpotensi Tertahan

Selasa, 17 Oktober 2017 - 08:23 WIB
Penguatan Lanjutan Rupiah Berpotensi Tertahan
Penguatan Lanjutan Rupiah Berpotensi Tertahan
A A A
JAKARTA - Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada memperkirakan penguatan lanjutan rupiah berpotensi tertahan. Berbagai sentimen positif dari dalam negeri diharapkan dapat tetap bertahan untuk membuat laju rupiah kembali melanjutkan kenaikannya.

Namun demikian, situasi di Eropa di mana Catalonia kembali memanas setelah Pemerintahan Spanyol mengeluarkan ultimatum dan dibarengi dengan adanya pemilu di Austria membuat laju euro mulai menunjukan pelemahan.

"Sehingga dapat membuka peluang USD untuk kembali menguat dan dapat menahan kenaikan lanjutan rupiah," kata dia di Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Meski demikian, Reza meminta untuk tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat kembali menahan potensi penguatan rupiah. "Diperkirakan rupiah akan bergerak dengan kisaran support Rp13.500/USD dan resisten Rp13.458/USD," imbuhnya.

Dia menjelaskan, sejumlah sentimen positif memengaruhi pergerakan rupiah yang berbarengan dengan masih adanya pelemahan USD. Dimulai dari sentimen rilis survei Bank Indonesia terkait meningkatnya permintaan kredit dari 13 sektor ekonomi yang diasumsikan mulai adanya geliat kegiatan ekonomi.

Selain itu, optimism Menteri Darmin Nasution dimana pertumbuhan ekonomi sepanjang 2017 dapat menyentuh 5,4% hingga rilis Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat bahwa pada September 2017 neraca perdagangan Indonesia surplus senilai USD1,76 miliar yang didorong oleh surplus sektor nonmigas sebesar USD2,26 miliar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5790 seconds (0.1#10.140)