alexa snippet

Susi Paparkan Hasil Tiga Tahun Kerja untuk Nelayan

Susi Paparkan Hasil Tiga Tahun Kerja untuk Nelayan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Oktober ini, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla genap berusia tiga tahun. Para menteri pun ramai-ramai memaparkan kinerja selama ini, salah satunya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Menurutnya, selama anggaran 2017, KKP telah menyalurkan banyak bantuan kepada nelayan dan petambak untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Dalam paparan tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK yang digelar di Bina Graha, Susi menyebutkan kementeriannya telah memberikan bantuan 926 unit kapal penangkapan ikan. Kemudian 6.853 unit alat penangkapan ikan, 664.746 premi asuransi nelayan, dan 101.655 bidang Sertifikat Hak atas Tanah Nelayan (SeHAT).

"Kami juga mengucurkan bantuan berupa 297,34 juta ekor bantuan benih, 2.915 unit sarpras budidaya, 392 paket pakan mandiri, dan 8.000 bidang Sertifikat Hak atas Tanah Nelayan," ungkapnya, Rabu (18/10/2017).

Tidak hanya itu, terang Susi, para petambak garam juga mendapatkan bantuan dari KKP, berupa 939,7 hektare geoisolator, 12 unit gudang garam, dan pemberian sarana produksi garam. Bahkan pengolah dan pemasar juga digelontorkan bantuan.

"Wujudnya antara lain 150 unit sarana sistem rantai dingin, 67 unit cold storage, 15 unit integrated coldstorage, dan 243 unit ice flake machine," katanya.

Selain itu, Susi menerangkan mengenai fokus KKP dalam membangun industri baru berbasis kawasan di pulau-pulau terluar Indonesia. Targetnya demi mendekatkan dengan gate way ekspor.

"Pasalnya yang terbaik adalah ikan segar. Tapi karena jarak masih menjadi masalah, makanya kami menjalin kerja sama dengan berbagai pihak agar bisa memotong jarak tersebut," sambung dia.

Pendekatan gate way ekspor itu adalah di Pulau Natuna, Saumlaki, Merauke, Mentawai, Nunukan, Talaud, Morotai, Biak Numfor, Rote, Ndao, Mimika, Sumba Timur, dan Sabang.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top