Rupiah Diperkirakan Masih Sulit Bergerak Menguat

Kamis, 19 Oktober 2017 - 08:17 WIB
Rupiah Diperkirakan Masih Sulit Bergerak Menguat
Rupiah Diperkirakan Masih Sulit Bergerak Menguat
A A A
JAKARTA - Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada memprediksi rupiah pada hari ini akan sulit untuk bergerak menguat. Hal ini tak terlepas adanya sentimen global dan domestik.

Menurut dia, pergerakan rupiah masih menunggu kepastian akan keputusan Bank Indonesia (BI) terhadap penentuan ada atau tidaknya perubahan BI 7-Day Repo Rate. "Di sisi lain, masih adanya keyakinan akan kenaikan tingkat suku bunga The Fed memberikan sentimen positif pada USD," kata dia di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Untuk itu, lanjut Reza, perlu untuk tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat kembali menahan potensi penguatan rupiah. "Diperkirakan rupiah akan bergerak pada kisaran support Rp13.520/USD dan resisten Rp13.495/USD," imbuhnya.

Laju USD kembali terapresiasi seiring dengan penantian pelaku pasar kepastian akan sikap hawkish The Fed yang berencana kembali menaikkan tingkat suku bunganya dan kepastian akan program reformasi perpajakan dari pemerintahan Donald Trump.

Sebelumnya, di awal pekan anggota senat Partai Republik mendapatkan dukungan untuk resolusi anggaran yang akan menentukan langkah pemerintahan Trump dalam menentuka reformasi perpajakan.

Sementara, dari dalam negeri, adanya RDG yang berlangsung selama dua hari pada 18-19 Oktober 2017 belum banyak direspons positif seiring perkiraan BI masih akan mempertahankan suku bunganya karena masih dianggap cukup positif menjaga pertumbuhan ekonomi nasional ke depannya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9321 seconds (0.1#10.140)