Selain Gula Darah, Ini 5 Penyakit yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes

Senin, 13 November 2023 - 10:02 WIB
loading...
Selain Gula Darah, Ini 5 Penyakit yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes
Penderita diabetes harus mewaspadai beberapa penyakit lainnya selain gula darah. Diabetes meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan lainnya. Foto/News Medical
A A A
JAKARTA - Penderita diabetes harus mewaspadai beberapa penyakit lainnya selain gula darah . Diabetes memiliki implikasi yang luas, meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan lainnya.

Mengelola kadar gula darah sangat penting untuk menghindari berkembangnya penyakit yang terkait erat dengan diabetes . Ini merupakan kondisi multifaset yang meluas pengaruhnya ke berbagai aspek kesehatan.

Berikut penyakit yang harus diwaspadai penderita diabetes selain gula darah dilansir dari Times of India, Senin (13/11/2023).

Penyakit yang Harus Diwaspadai Penderita Diabetes Selain Gula Darah





1. Penyakit Kardiovaskular


Penyakit kardiovaskular masih menjadi musuh paling berat bagi penderita diabetes. Kadar gula darah yang tinggi merusak pembuluh darah dan berkontribusi terhadap aterosklerosis, meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan masalah jantung lainnya.

Mengontrol gula darah dan menerapkan gaya hidup sehat jantung dapat mengurangi risiko ini.

2. Penyakit Ginjal


Nefropati diabetik adalah komplikasi umum di mana kadar gula darah tinggi merusak ginjal. Hal ini dapat menyebabkan penyakit ginjal kronis dan, dalam kasus yang parah, memerlukan dialisis atau transplantasi.

Pemantauan fungsi ginjal secara teratur sangat penting bagi penderita diabetes untuk mendeteksi masalah sejak dini dan mencari intervensi tepat waktu.

3. Retinopati


Retinopati diabetik adalah suatu kondisi yang mempengaruhi mata akibat diabetes. Hal ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan atau kebutaan jika tidak ditangani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)