Jokowi Ketemu Bos Freeport di AS, Erick Thohir Beberkan Hasilnya

Selasa, 14 November 2023 - 13:18 WIB
loading...
Jokowi Ketemu Bos Freeport di AS, Erick Thohir Beberkan Hasilnya
Pemerintah terus mendorong investasi Freeport di Indonesia di sisi hilir melalui pembangunan smelter di Gresik. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Amerika Serikat (AS) melakukan pertemuan dengan petinggi Freeport Mcmoran, Richard Adkerson dan Kathleen Quirk. Dari pertemuan pada hari Senin (13/11) tersebut, dibahas sejumlah hal penting.

Menteri BUMN Erick Thohir yang mengikuti pertemuan tersebut membeberkan hasilnya. Menurut dia, pertemuan Kepala negara dengan para petinggi Freeport tersebut dibahas mengenai penambahan saham dan perpanjangan izin tambang yang telah mencapai tahap akhir.



Erick menyebutkan, pada intinya pemerintah terus mendorong peningkatan investasi Freeport di Indonesia. Dia menjelaskan, investasi yang tadinya murni penambangan emas dan tembaga, kini dilakukan melalui hilirisasi dengan membangun smelter di Gresik, Jawa Timur.

"Desember nanti, smelter Freeport tahap pertama di Gresik akan dibuka dan akhir tahun depan untuk tahap kedua akan selesai. Freeport berkomitmen membangun smelter lainnya di Fak-Fak, Papua," ujar Erick melalui akun Instagram-nya, ditulis Selasa (14/11/2023).



Erick menyebut hal ini berdampak positif dalam meningkatkan investasi dari luar negeri untuk pembukaan lapangan pekerjaan di Tanah Air. "Ini sejalan dengan program hilirisasi guna meningkatkan nilai tambah bagi Indonesia. Kami terus mendorong investasi di Indonesia untuk membuka lapangan pekerjaan di Tanah Air," paparnya.

Erick juga menyinggung hubungan dagang dan investasi antara Indonesia dengan Amerika yang terjalin positif. "Surplus keuangan kita dengan AS sudah hampir USD16 miliar. Investasi AS di Indonesia nomor empat terbesar yang belum pernah terjadi sebelumnya," pungkasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)