alexa snippet

Sri Mulyani Tanggapi Penutupan Gerai Lotus

Sri Mulyani Tanggapi Penutupan Gerai Lotus
Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah terus memonitor perubahan dari perekonomian yang diakibatkan suatu era digitalisasi. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Pertumbuhan industri ritel tahun ini kurang bergairah atau mengalami perlambatan. Bahkan akhir bulan ini, Lotus Department Store yang terletak di Jalan MH Thamrin, Jakarta, tepatnya di kawasan Djakarta Theater Menara Cakrawala Jakarta Pusat, akan menutup tokonya.

Sebelum tutup pada akhir bulan ini, Lotus menggelar sale besar-besaran dengan label sale yang dipampang di tokonya bertuliskan 'Lotus Clearence Sale up to 80%'.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah terus memonitor perubahan dari perekonomian yang diakibatkan suatu era digitalisasi.

"Jadi dalam hal ini, adanya ritel yang berubah bentuknya ataukah ritel secara fisik tutup lalu pindah ke online, atau memang yang awalnya online. Semuanya menjadi perhatian kita," kata Sri Mulyani di Gedung Dhanapala, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Dia mengingatkan, Indonesia tumbuh berkat berbagai macam sektor dan masih terus dipelajari apakah penutupan ini sebagai bentuk dari menurunnya kebutuhan masyarakat akan barang konsumsi atau ada sebab lainnya.

"Ritel merupakan salah satu hal yang akan kita pantau karena berhubungan dengan kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan konsumsinya," tuturnya.

Pihaknya juga akan terus melihat sektor lain apakah juga akan menghadapi tekanan atau perubahan karena adanya konsepp digitalisasi ini.

"Kita akan terus memformulasikan policy untuk menyimaknya. Namun, kalau kita lihat dari sisi penerimaan perpajakan sampai September lalu, untuk ritel, PPN kita meningkat. Jadi mungkin ada perubahan dalam hal ini," imbuh Sri Mulyani.

Seperti diketahui, seluruh barang yang ada di Lotus Department Store ini memang semuanya didiskon. Bahkan, sepatu wanita ada yang seharga Rp39 ribu dari harga mulanya Rp299 ribu. Ada juga harga jas dan baju-baju pria hanya berkisar antara Rp70 ribu sampai Rp150 ribuan dari harga asli Rp600 ribuan.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top