alexa snippet

Ekspor Sektor Furnitur Ditarget Capai USD5 Miliar

Ekspor Sektor Furnitur Ditarget Capai USD5 Miliar
Ekspor sektor furnitur kedepannya ditarget dapat mencapai USD5 miliar, dengan tujuan utamanya adalah Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa Barat. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Ekspor sektor furnitur kedepannya ditarget Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dapat mencapai USD5 miliar, dengan tujuan utamanya adalah Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa Barat. Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Panggah Susanto mengungkapkan, saat ini nilai ekspor sektor furnitur nasional sebesar USD1,7 miliar.

Ia menambahkan dalam dua tahun ke depan ditargetkan mencapai USD5 miliar. "Kami juga akan menambah kapasitas produksi mebel rotan dari Indonesia, relokasi juga dapat membuka lapangan kerja di dalam negeri," jelas Panggah dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Kemenperin mencatat, penyerapan tenaga kerja di industri furnitur nasional sebanyak 101.346 orang pada 2016 dan diproyeksi akan mencapai 202.692 orang pada tahun 2018. Dalam kesempatan itu, Ia juga menyampaikan, pihaknya akan mengunjungi China untuk melihat dan berbicara langsung dengan pengusaha rotan di China terkait rencana relokasi ke Cirebon.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menekankan kepada pelaku industri mebel dan kerajinan nasional agar terus kreatif dan berinovasi sehingga bisa meningkatkan nilai tambah produk dan memenuhi selera pasar saat ini. Bahkan, Kemenperin telah memfasilitasi pembangunan Politeknik Industri Furniture dan Pengolahan Kayu di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Selain untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi yang bertujuan menghasilkan para lulusan berkompetensi dan siap kerja, politeknik ini juga dirancang menjadi pusat inovasi teknologi dan pengembangan produk industri furnitur dan pengolahan kayu di dalam negeri.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top