Ciptakan Mahasiswa Terampil, Kemenag Buat Talent Pool di Tiap Perguruan Tinggi Islam

Rabu, 15 November 2023 - 19:30 WIB
loading...
Ciptakan Mahasiswa Terampil, Kemenag Buat Talent Pool di Tiap Perguruan Tinggi Islam
Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag Ahmad Zainul Hamdi mengatakan, untuk mengembangkan talenta yang dimiliki mahasiswa pihaknya membentuk pusat talenta di tiap PTKI. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) memiliki komitmen besar untuk membekali mahasiswa di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) agar menjadi sarjana yang lebih terampil dan siap di dunia kerja. Terobosan yang dilakukan Kemenag adalah dengan membentuk pusat talenta (talent pool) di tiap kampus-kampus Islam di Indonesia.

Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag Ahmad Zainul Hamdi mengatakan, talenta-talenta yang dimiliki mahasiswa perlu terus diberdayakan dan ditingkatkan.

Meskipun mereka memiliki fokus pada dunia akademik, menurut Ahmad, hal-hal di luar ruang kelas tidak bisa dinafikan begitu saja, khususnya dalam keterampilan. Inung, panggilan akrab Ahmad Zainul Hamdi, meyakini dengan pembinaan bakat itu maka akan memberi bekal kepada mahasiswa yang lebih lengkap.

"Pendidikan itu bukan cuma hard skill, tapi juga soft skill. Karena kemampuan yang begitu itu tidak ada di perkuliahan. Kemenag akan membuat semacam pusat pengembangan talenta (talent pool) buat mahasiswa di setiap PTKI,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (15/11/2023).



Inung menjelaskan, keterampilan menjadi modal penting dalam menghadapi kehidupan. Karenanya, hal tersebut dapat menjadi pendamping dalam memperkuat kemampuan akademik mahasiswa dan lulusan.

Dengan dasar itu, peningkatan kapasitas dalam keterampilan ini menjadi salah satu yang terus didorong oleh Kementerian Agama di bawah arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerja Sama Diktis Kementerian Agama Thobib al-Asyhar menambahkan, di setiap PTKI terdapat unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang menunjang keterampilan mahasiswa.

Saat ini, Kemenag tengah mengidentifikasi ulang agar ada fasilitas memadai dan mencukupi terhadap berbagai keterampilan yang dimiliki mahasiswa. Kehadiran pusat talenta di setiap PTKI akan lebih mudah dalam menjembatani bakat para mahasiswa yang beragam.

Thobib menjelaskan, mahasiswa yang terpilih akan diikutkan pada program penguatan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Mereka didorong dan distimulasi untuk terlibat lebih jauh dalam program internasional dan studi lanjut di perguruan tinggi terbaik dunia.

Selain dalam bidang bahasa, pembinaan bakat juga diarahkan di bidang kepemimpinan, public speaking, pelopor politik, hingga perekat kerukunan umat beragama.

“Termasuk teknologi yang berkembangan demikian cepat, terlebih dengan adanya kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang membutuhkan sentuhan keagamaan. Mahasiswa PTKI harus mampu berhadapan dengan perubahan-perubahan yang cepat,” harapnya.

Thobib menambahkan, melalui pusat pengembangan bakat dan keterampilan untuk mahasiswa itu, mahasiswa akan memiliki sertifikat pendamping ijazah yang dapat berguna untuk menunjang karir lulusan. Misalnya, alumnus dari jurusan keagamaan, tetapi memiliki kemampuan mengoperasikan teknologi atau public speaking tentu akan lebih kompetitif dalam dunia kerja.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2323 seconds (0.1#10.140)