3 Tokoh Indonesia yang Dimakamkan di Gunung, Ada Mantan Presiden RI

Kamis, 16 November 2023 - 12:17 WIB
loading...
3 Tokoh Indonesia yang Dimakamkan di Gunung, Ada Mantan Presiden RI
Makam mantan Presiden Soeharto di Astana Giri Bangun, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada beberapa makam tokoh Indonesia yang berada di pegunungan. Sebagian orang masih percaya penggunaan bukit atau gunung sebagai tempat makam dianggap suci.

Keberadaan makam sering dianggap sebagai tempat yang mistis, terlebih jika berada di tempat yang tidak biasa. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang menganggap makam tersebut memiliki kekuatan supranatural.

Hingga saat ini sedikitnya ada tiga makam tokoh Indonesia yang berada di wilayah gunung. Perlu diketahui, ketiga tokoh tersebut ternyata orang-orang yang memiliki pengaruh besar di bumi Nusantara ini.

Berikut tiga tokoh Indonesia yang telah dimakamkan di area puncak gunung.

Tokoh Indonesia yang Dimakamkan di Gunung


1. Soeharto


Soeharto merupakan presiden kedua Indonesia yang menjabat sangat lama di Indonesia. Beliau dimakamkan di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 660 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Soeharto berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, namun sebelum meninggal dia sudah berpesan dimakamkan di Astana Giri Bangun. Alasannya adalah karena sang istri, Tien Soeharto, adalah keturunan Mangkunegoro III, salah satu penguasa Mangkunegaran, yang makamnya berada di Astana Mangadeg, di atas Astana Giri Bangun.



Makam ini memiliki tiga tingkatan cungkup (bangunan makam), yaitu cungkup Argosari, cungkup Argokembang, dan cungkup Argotuwuh. Di cungkup Argosari, Soeharto beserta istrinya dimakamkan.

Selain itu, terdapat juga makam kedua orang tua Tien Soeharto. Makam ini bergaya arsitektur Jawa dengan bangunan joglo yang berdindingkan kayu ukir.

2. Sunan Lawu


Makam Sunan Lawu adalah sebuah tempat suci yang terletak di puncak Gunung Lawu. Makam ini diyakini sebagai tempat moksa atau wafatnya Prabu Brawijaya V, raja terakhir Kerajaan Majapahit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.2150 seconds (0.1#10.140)