Barat Berhenti Danai Kelompok HAM Arab karena Kritik Kekejaman Israel di Gaza

Jum'at, 17 November 2023 - 10:12 WIB
loading...
Barat Berhenti Danai Kelompok HAM Arab karena Kritik Kekejaman Israel di Gaza
Donor dari negara-negara Barat berhenti mendanai kelompok HAM Arab karena mengkritik kekejaman Israel di Gaza, Palestina. Foto/REUTERS
A A A
BEIRUT - Para donor dari negara-negara Barat menghentikan pendanaan untuk kelompok hak asasi manusia (HAM) dan kelompok masyarakat sipil Arab karena mengkritik kekejaman Israel dalam perang melawan Hamas di Gaza, Palestina.

Semua kelompok bantuan kemanusiaan dan masyarakat sipil yang berbicara kepada Al Jazeera mengatakan beberapa donor Barat telah menarik dukungan keuangan untuk media Arab, kelompok HAM dan lembaga think tank.

Mereka juga mengatakan bahwa mereka kecewa terhadap banyak negara dan yayasan Barat karena dukungan mereka terhadap pengeboman dan pengepungan Israel di Gaza.



“Besarnya kemarahan dan kepahitan tidak hanya terbatas pada masyarakat kami, tapi juga pada kami [sebagai pembela hak asasi manusia di wilayah Arab]. Kami tidak tahu bagaimana atau apakah kami dapat berinteraksi lagi dengan beberapa pemerintah atau mitra Barat,” kata Hossam Baghat, direktur eksekutif Egyptian Initiative for Personal Rights (EIPR).

Serangan Israel terhadap Gaza, sebuah daerah kantong Palestina yang dikepung dan digambarkan oleh kelompok HAM sebagai “penjara terbuka”, telah menewaskan lebih dari 11.000 orang sejak dimulai pada 7 Oktober.

Kondisi itu telah mendorong para ahli PBB dan ratusan cendekiawan untuk memperingatkan bahwa 2,3 juta orang yang hidup berada dalam risiko genosida.

Kelompok masyarakat sipil Mesir, Palestina, dan Lebanon mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka telah berbicara menentang kekejaman Israel di Gaza.

Mereka semua mengatakan bahwa advokasi dan pelaporan mereka semakin bertentangan dengan negara-negara donor Eropa yang sebagian besar diam mengenai serangan tanpa henti Israel terhadap warga sipil, yang diduga kuat merupakan pelanggaran hukum internasional.

Beberapa hari setelah serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pos-pos militer dan desa-desa sekitar di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, Austria, Denmark, Jerman dan Swedia menghentikan program bantuan pembangunan bilateral di Gaza dan Tepi Barat, menurut Human Rights Watch (HRW).

Jeda ini menyebabkan hilangnya dana sebesar USD139 juta dan berdampak pada badan-badan PBB, Otoritas Palestina yang memerintah Tepi Barat, dan sejumlah organisasi masyarakat sipil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)