5 Penyebab Kekalahan Telak Timnas Indonesia dari Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jum'at, 17 November 2023 - 17:02 WIB
loading...
5 Penyebab Kekalahan Telak Timnas Indonesia dari Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Ada lima penyebab yang membuat Timnas Indonesia menelan kekalahan telak dari Irak di putaran kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia / Foto: PSSI
A A A
BASRA - Ada lima penyebab yang membuat Timnas Indonesia menelan kekalahan telak dari Irak di putaran kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Salah satunya adalah karena para pemain kerap melakukan kesalahan.

Timnas Indonesia mengawali perjalanan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dengan hasil yang kurang memuaskan. Bertanding di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023), skuad asuhan Shin Tae-yong kalah dengan skor 1-5.

Hasil tersebut membuat skuad asuhan Shin Tae-yong sementara ini berada di dasar klasemen Grup F. Terkait penyebab kekalahan, ada sejumlah faktor tertentu yang menjadi biangnya. Berikut di antaranya.



Penyebab Timnas Indonesia Kalah dari Irak

1. Pemain Kerap Melakukan Kesalahan


Pada laga kontra Irak, penggawa timnas Indonesia beberapa kali terlihat melakukan kesalahan. Sebut saja seperti salah passing, mudah kehilangan bola, hingga terlalu memberikan keleluasaan terhadap lawan.

Apabila dicermati, sebagian gol yang dicetak Irak merupakan hasil dari kesalahan-kesalahan tersebut. Hal-hal demikian wajib untuk segera diperbaiki agar nantinya kejadian serupa tak terulang.

2. Tumpulnya Lini Depan


Pada awal laga, Shin Tae-yong menurunkan duet Dimas Drajad dan Dendy Sulistyawan. Namun, keberadaan mereka berdua ternyata belum memberikan pengaruh signifikan.

Pada menit 39, Dimas Drajad ditarik keluar dan digantikan Rafael Struick. Masuknya Struick sempat memberi angin segar bagi lini depan timnas Indonesia. Hasilnya, skuad Garuda berhasil memperkecil kedudukan jadi 1-2 ketika menuju paruh waktu.

Sayangnya, momentum tersebut tak berlanjut di babak kedua. Irak yang terus tampil menekan membuat justru kembali memperlebar kedudukan hingga 1-5.

3. Pemain Tidak Berada pada Performa Terbaik


Pada laga melawan Irak, timnas Indonesia sejatinya diperkuat para penggawa terbaiknya. Minusnya mungkin hanya Marselino Ferdinan yang masih dilanda cedera.

Sayangnya, para pemain andalan timnas Indonesia tersebut seakan tampil bukan pada performa terbaiknya. Beberapa kali, mereka terlihat melakukan kesalahan dan bermain kurang optimal.

4. Irak Bermain Lebih Bagus


Tanpa mengecilkan usaha yang dilakukan para penggawa timnas Indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa Irak juga bermain bagus. Tak hanya tampil menekan sejak awal, mereka juga bisa memanfaatkan celah atau kesalahan-kesalahan yang dibuat lini pertahanan Indonesia untuk mencetak gol.

Setelah laga, Shin Tae-yong sendiri sempat menyampaikan tanggapannya. Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, Irak tampil lebih bagus dan berhak atas kemenangan tersebut.

5. Kehadiran Suporter Irak


Basra International Stadium penuh sesak saat laga melawan timnas Indonesia. Tercatat, ada hampir 65.000 penonton yang hadir dan memberikan sorakan serta dukungan bagi Irak.

Suporter Irak mungkin tidak terlalu fanatik seperti pendukung timnas Indonesia. Meski demikian, jumlah 65.000 adalah angka yang sangat besar yang secara tidak langsung bisa memengaruhi mental pemain ketika bertanding.

Itulah deretan penyebab kekalahan timnas Indonesia dari Irak di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)