Lewat Digitalisasi, Grup MIND ID Bawa UMKM Binaan Naik Kelas

Jum'at, 17 November 2023 - 09:11 WIB
loading...
A A A
“Transformasi digital UMKM membutuhkan transisi pada pola pikir dan mentalitas UMKM. Di mana, UMKM harus mulai melihat strategi digital, memanfaatkan digital dalam proses produksi, mengubah model bisnis, dan memanfaatkan data,” ujarnya.

Heri juga mengatakan, Grup MIND ID terus mendorong agar pelaku UMKM di sekitar wilayah operasi perseroan bisa maju dan berkembang. Salah satunya, seperti yang dilakukan PTBA melalui program mitra binaan UMKM.

"MIND ID terus berkomitmen untuk memajukan perekonomian warga masyarakat sekitar area operasi perusahaan. Hal ini sesuai dengan tujuan mulia MIND ID yakni meningkatkan hidup dan mengubah masa depan bersama," ucap Heri Yusuf.

Selain kopi, PTBA juga mendirikan Sentra Industri Bukit Asam (SIBA Center) di Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. SIBA Center menjadi sentra promosi pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Corporate Social Responsibility (CSR) PTBA. SIBA Center sudah menghasilkan sejumlah brand tersendiri, seperti SIBA Kopi, SIBA Songket, hingga SIBA Rosela.

Produk unggulan dari SIBA Rosella adalah Teh dan Sirup Rosella yang memiliki kandungan Vitamin C tinggi dan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pemasaran kini sudah dilakukan secara online melalui marketplace Shopee, Tokopedia, Platform Pasar Digital (PaDi), dan secara offline melalui Rumah BUMN Muara Enim, menjalin mitra dengan toko-toko di sekitar Sumatera Selatan dan Lampung.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1751 seconds (0.1#10.140)