JK Tegaskan Reklamasi Teluk Jakarta Sudah Jalan, Tak Mungkin Dibongkar

Kamis, 02 November 2017 - 13:00 WIB
JK Tegaskan Reklamasi Teluk Jakarta Sudah Jalan, Tak Mungkin Dibongkar
JK Tegaskan Reklamasi Teluk Jakarta Sudah Jalan, Tak Mungkin Dibongkar
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan proyek reklamasi di Teluk Jakarta sudah berjalan, sehingga tidak mungkin dihentikan apalagi dibongkar. "Dengan satu catatan, kita tidak mungkin bongkar yang ada. DKI harus memberi solusi, khususnya solusi penggunaan yang ada," ujarnya di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

JK mengatakan, keberadaan proyek reklamasi Teluk Jakarta menjadi tanggung jawab Gubernur, sehingga pemerintah pusat menyerahkan kewenangan itu ke pemerintah daerah.

"Kalau reklamasi sisi hukum punya perbedaan. Kita serahkan ke Gubernur Jakarta karena dalam undang-undang, dimana pulau atau pantai di bawah kewenangan pemerintah daerah," katanya.

Menurut JK, keramaian terkait keberadaan reklamasi Teluk Jakarta biarlah berlalu karena saat ini Ibu Kota sudah punya pemimpin yang baru. "Selalu orang mencari kesalahan satu sama lain jelang Pilkada. Paling enak itu cari kesalahan terjadi simpang siur pandangan".

Dan lanjut JK, masalah lingkungan hidup sudah diberi kewenangan masing-masing, dimana kementerian mengelola, otonomi diberi ke daerah, dan keputusan ada di daerah.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9713 seconds (0.1#10.140)