Akselerasi Pertumbuhan Pekerjaan AS, Tingkat Pengangguran Jatuh 4,1%

Jum'at, 03 November 2017 - 21:06 WIB
Akselerasi Pertumbuhan Pekerjaan AS, Tingkat Pengangguran Jatuh 4,1%
Akselerasi Pertumbuhan Pekerjaan AS, Tingkat Pengangguran Jatuh 4,1%
A A A
WASHINGTON - Pertumbuhan pekerjaan Amerika Serikat (AS) menunjukkan akselerasi positif pada bulan Oktober, setelah bencana badai sedikit mengganggu sektor tenaga kerja di September. Sektor tenaga kerja membaik, seiring momentum pasar ketika tahunan upah menunjukkan kemuduran.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (3/11/2017) nonfarm payrolls meningkat sebesar 261.000 pekerjaan bulan lalu. Departemen tenaga kerja mengatakan dalam laporannya, angka tersebut menjadi yang terbesar sejak Juli 2016, tetapi di bawah perkiraan ekonom dengan peningkatan mencapai 310.000 pekerjaan.

Sebelumnya data untuk September direvisi untuk menunjukkan kenaikan payrolls mencapai 18.000, ketika sebelumnya menyusut 33.000. Tingkat pengangguran jatuh ke posisi terendah dalam 17 tahun dari 4,1%. Namun data kemungkinan sedikit berubah saat Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada bulan Desember.

Pertumbuhan mendatar pada bulan September, diakibatkan badai Harvey dan Irma yang meluluhlantakkan sebagian Texas dan Florida di akhir Agustus dan awal September. Hal itu membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, ketika kebanyakan industri membayar upah rendah.

Akselerasi sektor ketenagakerjaan diyakini memperkuat penilaian The Fed bahwa pasar tenaga kerja bakal terus memperkuat dan aktivitas ekonomi telah meningkat pada level yang solid, meskipun terganggu bencana badai. Bank Sentral AS tidak berubah pada tengah pekan saat pasar keuangan telah hampir meningkatkan pinjaman pada Desember.

Sejauh ini The Fed telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak dua kali tahun ini. Namun pertumbuhan gaji pekerja industri sedikit tertahan di bulan Oktober. Rata-rata pendapatan per jam tergelincir mencapai satu sen, meski tidak berubah secara persentase.

Ekonom masih tetap optimistis bakal terjadi percepatan pertumbuhan upah dengan pasar tenaga kerja. Bulan lalu, tingkat pengangguran ke posisi terendah sejak Desember 2000. Tingkat pengangguran saat ini berada di bawah prediksi sebelumnya untuk tahun 2017.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5192 seconds (0.1#10.140)