Laju Positif Rupiah Diprediksi Berlanjut

Rabu, 08 November 2017 - 08:22 WIB
Laju Positif Rupiah Diprediksi Berlanjut
Laju Positif Rupiah Diprediksi Berlanjut
A A A
JAKARTA - Masih adanya pergerakan positif pada laju rupiah diharapkan dapat kembali berlanjut dengan memanfaatkan pelemahan dolar Amerika Serikat (USD).

"Namun demikian, tetap mewaspadai mulai terapresiasinya USD dan berbagai sentimen yang dapat kembali menahan potensi penguatan rupiah," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Dia memperkirakan, rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.530/USD dan resisten Rp13.488/USD. Sementara, pergerakan rupiah mampu kembali berbalik menguat dengan memanfaatkan pelemahan USD pada sejumlah mata uang lainnya.

Meski rilis GDP kuartal ketiga dianggap di bawah estimasi dan posisi cadangan devisa Indonesia akhir Oktober 2017 tercatat USD126,5 miliar, lebih rendah dibanding akhir September 2017 yang sebesar USD129,4 miliar. Di mana, Bank Indonesia (BI) menilai cadangan devisa itu mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan, membuat rupiah tetap bertahan di zona positif.

"Belum adanya kejelasan mengenai pembahasan reformasi sistem perpajakan AS dan tenggat waktu yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan peraturan tersebut membuat laju USD melemah," kata Reza.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4680 seconds (0.1#10.140)