Jokowi Kembali Lepas Bantuan Kemanusiaan Seberat 21 Ton ke Palestina

Senin, 20 November 2023 - 09:26 WIB
loading...
Jokowi Kembali Lepas Bantuan Kemanusiaan Seberat 21 Ton ke Palestina
Presiden Jokowi kembali melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (20/11/2023). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Bantuan seberat 21 ton yang akan dibawa dengan menggunakan tiga pesawat tersebut berisi sejumlah barang-barang logistik yang telah disesuaikan dengan kebutuhan rakyat di Gaza.



"Alhamdulillah kembali lagi pada pagi hari ini kita akan mengirimkan bantuan kepada sodara-sodara kita di Gaza sebanyak 2 pesawat yang akan diangkut sebesar 21 ton," ujar Jokowi dalam sambutannya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023).

Bantuan tersebut, kata Jokowi, berupa obat-obatan, makanan, hingga perlengkapan rumah sakit untuk masyarakat Gaza.

"Berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makan dan barang keperluan lainnya sesuai kebutuh masyarakat di Gaza," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan bahwa bantuan tersebut bersumber dari anggaran pemerintah sebesar Rp31,9 miliar dan juga berasal dari perusahaan serta masyarakat.

"Sama seperti bantuan yang pertama pesawat nanti akan menuju Al Arish di Mesir, kemudian akan disalurkan ke Gaza," jelas Jokowi.

Selain bantuan kemanusiaan, kata Jokowi, Indonesia akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina. Sebagai salah satu utusan khusus OKI, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi akan mengunjungi beberapa negara untuk menggalang dukungan bagi Gaza.

"Menteri Luar Negeri Indonesia juga sedang berada di beberapa negara untuk menggalang dukungan agar kekejaman di Gaza dihentikan, dilakukan sesegera mungkin gencatan senjata dan bantuan kemanusiaan bisa masuk dengan baik untuk membantu sodara-sodara kita di Gaza," papar Jokowi.


Jokowi menambahkan bahwa Indonesia akan selalu mendukung perjuangan bangsa Palestina. "Saya tegaskan, bahwa Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)