Gencar Turunkan Suku Bunga, Faisal Basri Sebut Gubernur BI Ugal-ugalan

Kamis, 09 November 2017 - 15:03 WIB
Gencar Turunkan Suku Bunga, Faisal Basri Sebut Gubernur BI Ugal-ugalan
Gencar Turunkan Suku Bunga, Faisal Basri Sebut Gubernur BI Ugal-ugalan
A A A
JAKARTA - Saking gencarnya menurunkan suku bunga dalam dua bulan terakhir, ekonom Faisal Basri menyebut Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo sebagai sosok yang ugal-ugalan.

Bukan tanpa alasan Faisal melemparkan pernyataan tersebut. Menurutnya kebijakan Agus itu berpotensi menekan rupiah karena peluang Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) untuk menaikkan suku bunga akhir tahun ini semakin besar.

"Nah di Indonesia, Gubernur BI-nya ugal-ugalan terus, turunkan suku bunga, padahal trennya begini. Mungkin dia ingin meng-entertain Presiden Jokowi biar terpilih lagi menjadi Gubernur BI. Akibatnya, ini bisa langsung bikin rupiah merosot dan cadangan devisa turun karena kalau enggak diintervensi BI sudah sampai Rp14.000/USD," ujarnya di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Menurut Faisal, ekonomi Amerika Serikat harus diperhatikan oleh pemerintah karena data perekonomian di sana sudah memperlihatkan adanya perbaikan.

"Amerika Serikat ekonominya keren walaupun Presidennya ugal-ugalan. Kita lihat pembukaan lapangan kerja 200 ribu setiap bulan. Angka pengangguran turun lebih rendah capai 4,1%, terendah dalam 17 tahun, upah naik 2,4% lebih tinggi dari inflasi, inflasi juga naik karena permintaan naik, sudah 90% syarat kenaikan suku bunga terlampaui. The Fed akan naikan suku bunga Desember," katanya.

Faisal menjelaskan, akhir tahun ini selain rupiah, target penerimaan pajak juga diperkirakan bakal meleset dengan kekurangan sekitar Rp200 triliun.

"Rupiah akan cenderung melemah dan gejolak di akhir tahun, tolong perhatikan. Ditambah pajak jauh di bawah target, kira-kira kurang Rp200 triliun, kurangnya enggak tanggung-tanggung," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5841 seconds (0.1#10.140)