Dorong Pariwisata, BTN Tour de Borobudur Diikuti Ribuan Peserta

Sabtu, 11 November 2017 - 11:48 WIB
Dorong Pariwisata, BTN Tour de Borobudur Diikuti Ribuan Peserta
Dorong Pariwisata, BTN Tour de Borobudur Diikuti Ribuan Peserta
A A A
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) menggelar ajang tahunan BTN Tour de Borobudur (TDB) mulai 11-12 November 2017 yang diikuti 6.000 peserta termasuk Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan, gelaran acara yang diselenggarakan ini merupakan yang ke-XVII dan sudah menjadi agenda rutin tahunan yang diikuti oleh berbagai peserta baik dari dalam maupun luar negeri.

"BTN ingin terus terlibat dalam ajang internasional ini. Selain mengharumkan nama bangsa, ajang ini juga sudah terbukti mendongkrak sektor pariwisata yang menjadi salah satu fokus dari pemerintahan Presiden Joko Widodo," kata dia dalam pembukaan TDB BTN Tour de Borobudur di Semarang seperti dikutip SINDOnews dalam keterangan resmi, Sabtu (11/11/2017).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di daerah salah satunya ditunjang oleh pariwisata. Untuk itu perseroan menilai potensi wisata daerah di Indonesia masih perlu dikembangkan dan disosialisasikan ke berbagai belahan dunia.

"Tour de Borobudur bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk menggelar ajang serupa dengan menonjolkan keunikan daerah masing-masing," tambahnya.

Dalam ajang BTN TDB tersebut, BTN juga berpartisipasi untuk melestarikan lingkungan dan menggerakkan ekonomi Jateng.

"Sebagai bank milik negara, kami tidak hanya menggenjot bisnis, tapi juga berpartisipasi membantu masyarakat dan lingkungan. Melalui ajang BTN Tour de Borodudur ini, perseroan tidak sekadar mengajak berolahraga dan berkompetisi sehat, tapi juga melakukan aksi sosial di berbagai bidang," tuturnya.

Selain ajang BTN Tour de Borobudur XVII, ada beberapa aksi sosial yang juga dilakukan misalnya untuk setiap 1 kilometer (km) yang ditempuh setiap peserta, akan disumbangkan dana senilai Rp1.000.

Perseroan juga ikut melestarikan lingkungan di Bendungan Jatibarang dengan menebar 10 ribu benih ikan dan menanam 1.000 bibit pohon buah di kawasan waduk yang juga menjadi objek wisata Semarang tersebut.

"Besar harapan kami, bantuan ini memiliki multiplier effect bagi masyarakat Jawa Tengah. Sehingga wujud nyata BUMN Hadir Untuk Negeri benar-benar dirasakan masyarakat disini," ujar Maryono.

Rute yang akan dilalui para peserta BTN Tour de Borobudur XVII merupakan titik-titik pariwisata di Jawa Tengah, di mana para peserta akan melewati Waduk Serbaguna Jatibarang Semarang, Desa Limbangan, Rindam IV Diponegoro, Pendopo Kab. Temanggung, Balkondes Karanganyar Borobudur dan Candi Borobudur.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi peran Bank BTN dalam mendorong pariwisata di daerahnya. "Ini kegiatan besar yang sangat positif, kita sangat apresiasi. Agar masyarakat gemar berolah raga sekaligus promosi pariwisata bagi Jawa Tengah," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9502 seconds (0.1#10.140)