Filipina Resmi Masuk Jurang Resesi, RI Tinggal Tunggu Waktu Nih!

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 08:15 WIB
loading...
Filipina Resmi Masuk Jurang Resesi, RI Tinggal Tunggu Waktu Nih!
Filipina resmi masuk jurang resesi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kabar mengagetkan datang dari Filipina. Setelah Singapura, negara di kawasan Asia Tenggara itu akhirnya resmi masuk jurang resesi lagi-lagi penyebabnya karena karantina wilayah akibat diserang wabah corona. Filipina masuk jurang resesi di kuartal II/2020 karena pada kuartal sebelumnya ekonominya mengalami kontraksi. Pada kuartal II/2020 ekonomi Filipina ambyar minus 16,5%.



Ekonom Indef Bhima Yudistira menilai adanya penambahan negara yang mengalami resesi nembuat kondisi ekonomi Indonesia menjadi lampu kuning. "Jika Filipina resesi ini jadi indikasi kemungkinan Indonesia tinggal menunggu waktu akan mengikuti pada kuartal III/2020. Situasi di kawasan ASEAN yang memburuk jadi lampu kuning karena setelah Singapura ada Filipina yang deklarasi resesi," kata Bhima saat dihubungi SINDONews, di Jakarta, Jumat (7/8/2020).



Dia melanjutkan ekspor ke Filipina turun tajam 21% selama periode Januari-Juni 2020 dibandingkan periode sebelumnya. Angka yang turun mencapai USD700 juta dari 3,2 miliar usd ke USD2.5 miliar membuay resesi Filipina berdampak pada kinerja ekspor Indonesia. "Filipina sebagai negara yang berbatasan dengan Indonesia dan partner penting di ASEAN tentu punya jalur transmisi resesi ke Indonesia," katanya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2637 seconds (0.1#10.140)