Lindungi Budaya Lokal, Ganjar Pranowo Siap Bangun Wisata Papua

Selasa, 21 November 2023 - 16:10 WIB
loading...
Lindungi Budaya Lokal, Ganjar Pranowo Siap Bangun Wisata Papua
Ganjar Pranowo siap membangun wisata Papua demi melindungi budaya lokal. Foto/ist.
A A A
JAKARTA - Capres Partai Perindo 2024 nomor urut 3, Ganjar Pranowo siap membangun wisata Papua demi melindungi budaya lokal. Hal itu disampaikan saat mengunjungi Piaynemo Desa Pam, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya pada Selasa (21/11/2023).

Ganjar mengatakan Piaynemo menjadi salah satu destinasi wisata di Papua yang memiliki panorama alam sangat indah. Pemandangan laut biru dengan gugusan Pulau Karst menjadi magnet bagi wisatawan.



"Tempat yang sangat indah banget di Piaynamo," ujar Ganjar dalam siaran pers yang diterima MNC Portal.

Ganjar mengatakan keindahan Piaynemo merupakan kekayaan Indonesia, terutama bagi Papua Barat dan harus dikembangkan tanpa menghapus budaya lokal.

"Kita ketemu banyak sekali turis dari Italia, mereka ternyata mau stay di tempat yang sunyi sepi dan kemudian dia bisa menikmati, itu tentu saja sesuatu yang sangat unik yang ada disini," ungkapnya.

Melihat kondisi dan antusias wisatawan itu, Ganjar mengatakan pentingnya peningkatan akses transportasi untuk memaksimalkan potensi wisata.

"Yang masih mereka harapkan, infrastruktur, interkoneksi, sehingga bisa membikin orang datang lebih mudah, lebih cepat dan tentu saja harganya lebih bersaing," tutur mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu.

Selain itu, kemudahan akses pendidikan dan kesehatan perlu dilakukan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Ini adalah salah satu potensi di tanah Papua dengan segala keindahan dan keramahannya. Maka kita perlu siapkan SDM unggul untuk kelak bisa kelola pariwisata dengan baik," ujar dia.



Ganjar menegaskan bahwa Papua Barat memiliki potensi besar, namun dibutuhkan tindakan khusus dan dukungan infrastruktur untuk mengoptimalkan keindahan dan keramahan tanah Papua.

"Saya kira iya, dan memang ini PR khusus yang mesti diberikan. Butuh lebih banyak tindakan khusus atau tindakan afirmasi untuk Tanah Papua," tutur Ganjar.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)