alexa snippet

Hari Pertama Dubai Airshow, Boeing Kantongi Transaksi USD15 Miliar

Hari Pertama Dubai Airshow, Boeing Kantongi Transaksi USD15 Miliar
Perusahaan raksasa pembuat pesawat asal AS yakni Boeing mengumumkan penjualan besar pada hari pertama ajang Dubai Airshow, yang berlangsung selama lima hari. Foto/Ilustrasi
A+ A-
DOHA - Perusahaan raksasa pembuat pesawat asal Amerika Serikat (AS) yakni Boeing mengumumkan penjualan besar pada hari pertama ajang Dubai Airshow, yang berlangsung selama lima hari dari 12-16 November 2017. Boeing meneken kesepakatan bisnis senilai USD15 miliar dengan Emirates yang memesan 40 Boeing 787 Dreamliners.

Seperti dilansir BBC, Senin (13/11/2017) Chairman Maskapai Dubai Sheikh Ahmed bin Saeed al-Maktoum mengatakan pesawat yang telah dipesan adalah untuk meremajakan Airbus A350. Meski begitu dia mengaku berharap bakal segera merilis pesanan besar lanjutan berikutnya terkait dengan pesawat Airbus A380 Superjumbo seperti disampaikan dalam media briefing.

Airbus sendiri diyakini sangat membutuhkan pesanan A380, yang diklaim sebagai pesawat penumpang terbesar. Perusahaan Perancis-Jerman dan Emirates disebutkan tengah dalam tahap akhir negosiasi yang dilakukan intens untuk bersiap memberikan pengumuman pekan ini. Emirates yang merupakan maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah telah menjadi pelanggan terbesar untuk Boeing 777 dengan 165 dalam pelayanan dan 164 lainnya sedang dipesan.

Sementara itu Sheikh Ahmed pada akhir pekan kemarin mengatakan, bakal meningkatkan pembelian pesawat Boeing dengan angka transaksi mencapai USD90 miliar. Beberapa pesawat 787 baru direncanakan bakal dipakai untuk menggantikan pesawat yang lebih tua, sedangkan lainnya digunakan untuk memperluas jaringan maskapai kepada pelanggan.

Kesepakatan ini disambut baik oleh Kepala Divisi Penerbangan Komersial Boeing Kevin McAllister yang mengatakan, bakal mempertahankan banyak pekerja di Amerika Serikat. Pengiriman pesawat dijadwalkan bari dimulai pada tahun 2022, mendatang. Pada akhir pekan kemarin, Azerbaijan Airlines juga mengaku akan membeli lima Dreamliners, serta dua Boeing kargo dengan kesepakatan senilai sekitar USD2 miliar.

Di tengah-tengah kehadiran hardware militer, persaingan pemesanan pesawat Boeing dan Airbus telah meraih headline di ajang airshow. Sepanjang tahun ini, Boeing telah memenangkan sekitar 65% dari pemesanan baru ditempatkan secara global. Emirates telah menjadi pelanggan terbesar A380 dengan pembelian 142 dan menggunakan 320 dalam layanan.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top