HT: Bisa Tertinggal jika Tak Ikuti Perkembangan Digital

Selasa, 14 November 2017 - 12:29 WIB
HT: Bisa Tertinggal jika Tak Ikuti Perkembangan Digital
HT: Bisa Tertinggal jika Tak Ikuti Perkembangan Digital
A A A
JAKARTA - Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengungkapkan bahwa masyarakat di Inonesia harus mengikuti perkembangan digital. Sebab, hal tersebut merupakan suatu keniscayaan dan akan tertinggal jika tidak mengikutinya.

Hal tersebut pernah dirasakannya pada 2004. Kala itu, seseorang menawarkannya saham Facebook Inc yang baru berkembang. Sayangnya, HT menolak untuk membelinya lantaran takut digital tidak akan berkembang di Tanah Air.

"Kita mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman. 2004 pernah ditawarin, saat itu MNC grup sudah gede, sudah punya Westin, Indovision, Grand Hyatt, MNC Tower, dan sudah punya macam-macam. Ada orang nawarin saya, waktu itu Facebook lagi financing. Every year dia financing. Sempat saya ditanya, mau apa enggak," katanya dalam acara Town Hall Meeting & IT Workshop Innovation Center di MNC News Center, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

HT mengaku, saat itu dirinya sangat tidak percaya dengan bisnis digital. Sebab, dia pernah menyaksikan sendiri kebangkrutan Nasdaq pada 2001 dan indeks sahamnya terjun bebas dari 4.000 ke 2.000.

"Saya enggak begitu percaya dengan digital. Karena 2001 saya lihat sendiri the collaps of Nasdaq, dari 4.000 sampai 2.000. Dan because of the collapse is online. Saya lihat sendiri teman saya banyak yang rugi. Jadi half 50%, itu 2001," imbuh dia.

Namun, sambung HT, 13 tahun kemudian atau pada saat ini Facebook telah menjadi perusahaan nomor lima paling besar di dunia dengan nilai perusahaan mencapai USD500 miliar. Hal ini dinilainya sebagai kebangkitan era digital.

"Toko misalnya harus sewa, renovasi, bayar sewanya mahal. Yang datang hanya radius 30-40 km. Online itu seluruh dunia. Pesan dari saya, siapa yang tidak percaya dengan digital ke depan, pasti akan ketinggalan. Saya sudah menyaksikan sendiri," terangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5535 seconds (0.1#10.140)