Ini Provinsi dengan Tingkat Pengangguran Terendah di Indonesia

Selasa, 14 November 2017 - 19:04 WIB
Ini Provinsi dengan Tingkat Pengangguran Terendah di Indonesia
Ini Provinsi dengan Tingkat Pengangguran Terendah di Indonesia
A A A
JAKARTA - Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) per Agustus 2017 mencapai 3,32% atau turun 0,62% dibanding posisi Agustus 2016 yang sebanyak 3,94%.

Angka pengangguran terbuka 3,32% tersebut menempatkan NTB ke posisi ke-6 sebagai provinsi dengan angka pengangguran terendah dari 33 provinsi di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari keberhasilan Gubernur NTB Zainul Majdi atau biasa disapa Tuan Guru Bajang yang berhasil menurunkan tingkat pengangguran terbuka di provinsinya.

Sementara itu, provinsi dengan tingkat pengangguran terbuka tertinggi diraih Maluku dengan persentase 9,29%, adapun provinsi dengan tingkat pengangguran terendah adalah Bali dengan persentase sebesar 1,48%.

Menurut data BPS, rata-rata tingkat pengangguran secara nasional per Agustus 2017 berada pada angka 5,5%. Persentase secara nasional tersebut jauh lebih tinggi daripada angka pengangguran di Provinsi NTB yang hanya 3,32%.

Guru Besar Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung Ina Primiana menilai provinsi-provinsi seperti NTB bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk menurunkan angka penganggurannya.

Menurut dia, keberhasilan daerah menurunkan tingkat pengangguran terbuka tentunya tidak terlepas dari peran para pemimpinnya, termasuk seorang gubernur.

"Seorang kepala daerah haruslah mampu melihat potensi lokal yang bisa dijadikan lokomotif kegiatan perekonomian di daerahnya untuk membuka lapangan kerja," katanya, Selasa (14/11/2017).
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3898 seconds (0.1#10.140)