Profil Herry Heryawan, Polisi Kelahiran Ambon yang Baru Sandang Pangkat Bintang 2

Rabu, 22 November 2023 - 10:33 WIB
loading...
Profil Herry Heryawan, Polisi Kelahiran Ambon yang Baru Sandang Pangkat Bintang 2
Irjen Pol Herry Heryawan adalah seorang perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Dalam Negeri RI sejak September 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Irjen Pol Herry Heryawan menjadi salah satu putra kelahiran Ambon yang mempunyai karier cemerlang di Polri . Dia baru saja menyandang pangkat bintang 2 atau Inspektur Jenderal.

Selama aktif di kepolisian, Herry telah banyak menduduki jabatan strategis. Adapun riwayat pangkat dan jabatannya, telah dirangkum dalam profil berikut ini.

Profil Herry Heryawan


Irjen Pol Herry Heryawan adalah seorang perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Dalam Negeri RI sejak September 2023. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Dirsidik Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri, yang bertugas memberantas aksi terorisme di Indonesia.



Herry diketahui lahir di Ambon, Maluku, pada 23 Februari 1972. Dia merupakan anak dari seorang anggota TNI AD yang bertugas di Corps Polisi Militer di Kodam XVI/Pattimura.

Karakternya sebagai perwira telah terbentuk karena didikan ayahnya yang selalu menuntut kedisiplinan maupun lingkungan di mana dia tinggal yang mayoritas berasal dari suku Ambon itu sendiri.

Herry Heryawan menempuh pendidikan dasar hingga menengah di Ambon. Kemudian mendaftar menjadi calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang pada tahun 1992.

Herry lulus dari Akpol pada tahun 1996 dengan pangkat Inspektur Polisi Dua. Dia kemudian mengawali karier di kepolisian dengan bertugas di PAMAPTA III Poltabes Semarang.

Dia juga pernah menjabat sebagai Kanitresum Poltabes Semarang, Kanit II Opsnal Poltabes Kepri Timur, Wakasatreskrim Polres Kepri Timur hingga menjadi Kasat I Ditresnarkoba Polda Kepri.

Di tengah kesibukan kariernya, jenderal polisi bintang dua ini juga menyempatkan diri untuk menambah pendidikan kejuruannya, baik dalam hingga luar negeri. Ada banyak kejuruan yang pernah ia lakoni dalam kariernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)