8 Universitas Terbaik di Indonesia yang Membuka Jurusan Radiologi Beserta Prospek Kerjanya

Rabu, 22 November 2023 - 10:41 WIB
loading...
8 Universitas Terbaik di Indonesia yang Membuka Jurusan Radiologi Beserta Prospek Kerjanya
Radiologi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari tentang pemindaian serta diagnosis terhadap tubuh bagian dalam manusia menggunakan sebuah teknologi gelombang radiasi seperti sinar X. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 8 universitas di Indonesia yang memiliki jurusan radiologi terbaik beserta prospek kerjanya.Jurusan Radiologi saat ini masih jarang diminati sehingga wajar belum banyak universitas membuka jurusan radiologi.

Sekadar informasi, jurusan radiologi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari secara mendalam tentang pemindaian serta diagnosis terhadap tubuh bagian dalam manusia menggunakan sebuah teknologi gelombang radiasi seperti sinar X.

Seiring berkembangnya zaman dan pesatnya kemajuan teknologi kedokteran, radiologi sekarang tidak hanya berkutat menggunakan sinar X, tetapi juga menggunakan gelombang ultrasonik seperti ultrasonography (USG) serta magnetic resonance imaging (MRI).

Kebutuhan akan profesi radiologi pun diperkirakan cukup besar. Artikel kali ini secara khusus akan membahas 8 universitas yang memiliki jurusan radiologi khususnya di wilayah Jawa dan DKI Jakarta, simak ya!

8 Universitas yang Memiliki Jurusan Radiologi Beserta Prospek Kerjanya


1. Universitas Indonesia (UI)


Program Studi Radiologi Fakultas Kedokteran Indonesia (FKUI) yang sudah didirikan sejak 10 Maret 1980 silam. Program studi ini merupakan sebuah Program Pendidikan spesialis I pada bidang Radiologi dan terakreditasi A.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Universitas Gadjah Mada yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki jurusan Radiologi yaitu Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Radiologi yang berada dalam naungan departemen Radiologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan.



Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia yang memiliki mutu pendidikan terjamin.UGM telah mendirikan jurusan ini sejak puluhan tahun yang lalu lamanya, tepatnya pada tahun 1949. Sama seperti UI, jurusan Radiologi di UGM juga memiliki akreditasi A dan merupakan program pendidikan spesialis I.

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Universitas Padjajaran atau Unpad berlokasi di Kota Bandung dan Sumedang, Jawa Barat.Unpad memiliki Program Studi Pendidikan Spesialis Radiologi pada Fakultas Kedokterannya. Jurusan Radiologi di salah satu universitas favorit di Indonesia ini juga sudah terakreditasi A

4. Universitas Diponegoro (Undip)


Beralih ke Jawa Tengah, tepatnya Semarang. Undip atau Universitas Diponegoro juga memiliki jurusan serupa yaitu Program Studi Radiologi untuk jenjang spesialis I. Di universitas ini, jurusan Radiologi sudah mendapatkan akreditasi dengan predikat A

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Selain Undip, perguruan tinggi lain di Jawa Tengah yang memiliki jurusan Radiologi adalah Universitas Sebelas Maret atau UNS yang terletak di Surakarta. Sama seperti universitas lainnya, jurusan Radiologi di sini juga untuk jenjang spesialis 1

6. Universitas Airlangga (Unair)


Universitas Unair terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur. Di Unair jurusan ini terbagi ke dalam dua jenjang yaitu Spesialis I yang sudah terakreditasi A serta D-IV

7. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan II Jakarta


Salah satu politeknik yang terletak di Ibu Kota Jakarta yaitu Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan II juga memiliki jurusan Radiologi untuk jenjang D-III yang sudah mendapatkan akreditasi dengan predikat A.

8. Politeknik Kesehatan TNI AU Adisutjipto Yogyakarta


Selain UGM, universitas yang ada jurusan Radiologi di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Politeknik Kesehatan TNI AU Adisutjipto yang berada tepat di Kabupaten Bantul. Di universitas ini, jenjang jurusan Radiologi berupa D-III

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Radiologi?


Ada beberapa prospek kerja yang menanti kamu jika memilih jurusan Radiologi. Salah satu peluang paling besar yang bisa kamu dapatkan tentu saja menjadi seorang radiografer. Namun prospek kerja pada jurusan ini tidak sampai berhenti di situ, kamu juga dapat menjadi ahli terapis radiologi ataupun menjadi dosen dalam bidang keilmuan jurusan radiologi.
Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang radiografer, ada beberapa hal yang harus kamu kuasai yaitu:

• Memiliki kemampuan untuk menganalisis

• Memiliki pemahaman terkait anatomi

• Memiliki pemahaman terkait fisiologi

• Memiliki pemahaman terkait fisika

Jangan khawatir, semua hal di atas dapat kamu kuasai dengan mempelajari mata kuliah yang sudah disebutkan sebelumnya ketika nanti berkuliah di jurusan Radiologi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)