alexa snippet

Pacu Produksi Petani Melalui Bantuan Fintech

Pacu Produksi Petani Melalui Bantuan Fintech
Keberadaan financial technology (fintech) diharapkan bisa membantu banyak pihak seperti petani dalam upaya memacu produktivitas. Foto/Ilustrasi
A+ A-
Keberadaan financial technology (fintech) diharapkan bisa membantu banyak pihak seperti petani dalam upaya memantau produktivitas sawah. SVP Government Project 2 Bank Mandiri Rahmat Broto mengatakan, butuh kerja sama perbankan dan fintech dalam upaya mendongkrak ekonomi pedesaan.

"Diharapkan petani bisa mendeteksi penyakit enggak usah lihat langsung, pake drone, itu yang kita harap. Teknologi fintech tingkatkan petani kita yang pendidikan rendah, akses pembiayaan lemah, berusia tua dengan teknologi ini bisa bantu petani penghasilannya meningkat," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Dalam acara Indofintech yang diselenggarakan KORAN SINDO dan SINDOnews bekerja sama dengan Royal Media dan PWI bertema 'Memantapkan Fintech Ditahun Penuh Tantangan" di Jakarta, Rahmat menjelaskan, Bank Mandiri turut berpartisipasi dalam memfasilitasi pemberian kartu bantuan sosial, seperti untuk petani.

"Kita data masyarakat yang peroleh bantuan sosial, diberikan kartu, nanti penerima bantuan ambil uang dia di agen Mandiri. Dulu susah kalau ambil pakai handphone harus punya pin, uang elektronik, ini susah, masyarakat masih familiar kartu," kata dia.

Lebih lanjut Ia menambahkan, butuh kerja sama antara perbankan dan fintech untuk dapat menggerakkan perekonomian di daerah pedesaan dalam bentuk bantuan pembiayaan dan lainnya. "Kami undang temen-temen fintech bisa bantu di setiap kabupaten, bagaimana fintech bantu beri pembiayaan, pendampingan, e-commercenya, budidaya dan sebagainya," pungkasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top