Upaya Mengembalikan Kejayaan Perdagangan Indonesia-Korsel

Sabtu, 18 November 2017 - 14:00 WIB
Upaya Mengembalikan Kejayaan Perdagangan Indonesia-Korsel
Upaya Mengembalikan Kejayaan Perdagangan Indonesia-Korsel
A A A
DI AWAL musim penghujan ini, para eksportir kopi adalah kalangan yang merasakan berlipat-lipat nikmatnya seduhan kopi. Bagaimana tidak, ekspor kopi Indonesia terus menorehkan angka yang positif. Salah satu negara tujuan ekspor yang mencatatkan kenaikan cukup siginifikan adalah Korea Selatan (Korsel).

Sepekan yang lalu, Kementerian Perdagangan menyatakan bahwa ada peningkatan tajam dari ekspor kopi Indonesia ke Negeri Ginseng. Sepanjang periode Januari-Agustus 2017, ekspor kopi ke Korsel mencapai US$9,42 juta dolar AS atau setara Rp 130 miliar. Pencapaian itu tumbuh 53,01% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meningkatnya ekspor kopi ke negeri K-POP itu dipicu oleh meningkatnya komsumsi kopi di sana. Berdasarkan laporan media lokal Korsel, rata-rata penduduk negara itu mengkonsumsi 500 gelas kopi selama 2016 atau meningkat 25% dalam satu dekake terkahir. "Hal ini yang mendorong tumbuhnya ekspor kopi dari Indonesia dalam lima tahun terakhir sebesar 14,39%," kata Arlinda, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan.

Selain kopi, produk lain yang ekspornya mengalami kenaikan adalah makanan olahan. Di waktu yang sama, ekspor makanan olahan ke Korea naik sebesar 43,81% menjadi US$57,05 juta jika dibanding periode yang sama tahun sebebelumnya. Beberapa produk makanan yang mengalami peningkatan permintaan, antara lain tembakau, molase, rumput laut, malt, serta wafer.

Memang, dalam lima tahun terakhir, tren ekspor makanan olahan Indonesia ke Korea meningkat sebesar 7,66% dengan nilai ekspor pada tahun 2016 US$ 94,18 juta. "Saat ini yang mulai bergerak cukup baik itu untuk industri makanan olahan. Dalam lima tahun terakhir makanan olahan dari Indonesia ke Korea meningkat," kata Kim in Ho, Director Korea International Trade Association (KITA), lewat keterangan tertulisnya, yang disampaikan kantor perwakilan mereka di Jakarta, Selasa pekan lalu.

Selain kopi dan makanan olahan, apa saja produk Indonesia yang diekspor ke Korea Selatan? Simak laporan selengkapnya di Majalah SINDO Weekly Edisi 38/VI/2017 yang terbit Senin (20/11/2017).
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8379 seconds (0.1#10.140)