Pemerintah Harus Menekan Kecurangan-Kecurangan

Sabtu, 18 November 2017 - 15:30 WIB
Pemerintah Harus Menekan Kecurangan-Kecurangan
Pemerintah Harus Menekan Kecurangan-Kecurangan
A A A
JANUARI 2015 Korea International Trade Association (KITA) cabang Jakarta resmi beroperasi. KITA Jakarta merupakan perwakilan organisasi dagang Korea Selatan yang ditujukan untuk mempererat hubungan perdagangan antara Korea Selatan dan Indonesia. Salah satu cara mempererat mitra perdagangan itu adalah mempromosikan secara aktif hubungan kerja sama ekonomi Korea-Indonesia yang lebih bersinergi.

KITA juga dihadirkan untuk memfasilitasi perusahaan Korea yang ingin menancapkan modalnya di Indonesia. Saat KITA Jakarta didirikan, ada sekitar 2.200 perusahaan asal Korea yang berbisnis di Indonesia. Saat ini jumlah itu tentu saja sudah bertambah seiring makin membesarnya investasi asal Negeri Ginseng itu.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), nilai asing investasi Korea di Indonesia pada Januari-September 2017 mencapai US$1,4 miliar atau 5,9% dari total PMA Indonesia yang mencapai US$23,77 miliar. Jumlah itu menempatkan Korea menjadi negara dengan jumlah investasi asing terbesar keempat di Indonesia tahun ini.

Jumlah penduduk Indonesia yang sekitar 260 juta jiwa tentu menjadi magnet bagi perusahaan Korea untuk membiakkan dananya di sini. Pertumbuhan ekonomi kita yang juga relatif tertinggi di dunia semakin memperkuat minat investor asal Korea. Banyak sektor bisnis yang dimasuki para investor Korea, seperti elektronik, tekstil, dan juga baja.

"Sektor industri yang menarik bagi Korea di Indonesia adalah industri baja," kata Kim in Ho, Director Korea International Trade Association (KITA), kepada SINDO Weekly, lewat jawaban tertulisanya yang disampaikan oleh KITA Jakarta.

Organisasi dagang Korea yang memiliki anggota sebanyak 70 ribu perusahaan ini juga menyinggung soal hambatan dan kendala yang dihadapi ketika berbisnis di Indonesia.

Bagaimana KITA memandang kerja sama bisnis dengan Indonesia selama ini? Simak wawancara selengkapnya di Majalah SINDO Weekly Edisi 38/VI/2017 yang terbit Senin (20/11/2017).
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.8108 seconds (0.1#10.140)