Pengertian Filsafat Pancasila Beserta Fungsi dan Tujuannya

Kamis, 23 November 2023 - 10:41 WIB
loading...
Pengertian Filsafat Pancasila Beserta Fungsi dan Tujuannya
Filsafat Pancasila merupakan sebuah konsep pemikiran yang menjadi landasan dan ideologi negara Indonesia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Filsafat Pancasila merupakan sebuah konsep pemikiran yang menjadi landasan dan ideologi negara Indonesia. Fungsinya untuk menemukan kebenaran tentang gagasan dan tujuan negara Indonesia.

Pancasila yang secara harfiah bisa diartikan sebagai lima prinsip. Ini menjadi pijakan utama dalam membangun fondasi moral, politik, dan sosial Indonesia.

Filsafat Pancasila bukan sekadar seperangkat prinsip, tetapi juga sebuah pandangan hidup yang mendalam yang membentuk identitas dan arah bagi masyarakat Indonesia.

Pengertian Filsafat Pancasila


Pada dasarnya, filsafat merupakan bidang studi yang bertujuan untuk memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang keberadaan, pengetahuan, nilai, logika, etika, serta hubungan antara manusia dengan dunia di sekitarnya.



Secara umum, filsafat mencoba untuk mendalami prinsip-prinsip dasar yang mendasari segala hal, dari pemikiran dan eksistensi manusia hingga sifat alam semesta.

Sedangkan Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima asas atau prinsip yang menjadi landasan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sehingga bisa disimpulkan filsafat Pancasila merupakan suatu pandangan hidup atau filsafat yang menjadi dasar negara Indonesia.

Oleh karena itu, Pancasila terdiri dari lima asas atau prinsip yang menjadi pedoman bagi seluruh aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia.

Menurut Ir Soekarno, filsafat Pancasila merupakan filsafat asli dari Indonesia yang diambil dari budaya dan tradisi Indonesia dan akulturasi budaya India (Hindu-Budha), Barat (Kristen), dan Arab (Islam).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)