Era Industri 4.0 Dimulai, Insinyur Diminta Bersiap

Minggu, 19 November 2017 - 21:02 WIB
Era Industri 4.0 Dimulai, Insinyur Diminta Bersiap
Era Industri 4.0 Dimulai, Insinyur Diminta Bersiap
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, tantangan sebagai insinyur ke depan adalah memahami perkembangan di dunia saat ini, seperti mulainya era revolusi industri keempat.

“Di mana revolusi ini dirasakan di seluruh dunia dan diperbincangkan di antara para insinyur,” ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (19/11/2017).

Era Industri 4.0 ini, dijelaskan Airlangga, merupakan isu penting karena lembaga dunia seperti World Economic Forum (WEF) dan The United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) serta negara maju dan berkembang berupaya untuk membuat kebijakan dalam meghadapi jalannya revolusi industri tersebut.

“Kami melihat negara-negara berupaya menyesuaikan sektor manufakturnya. Para insinyur, mulai dari Amerika Serikat, Eropa hingga Asia, serta pendidikan engineering semakin dirasa vital untuk mendukung kemajuan sektor manufaktur,” katanya.

Berdasarkan pengamatan Airlangga, ASEAN mulai fokus membangun pendidikan dan pelatihan vokasi serta mengembangkan universitas sebagai sebuah pusat unggulan untuk menciptakan inovasi di sektor manufaktur.

Hal ini diyakini akan mendorong peningkatan pada daya saing negara dan pertumbuhan perekonomian sehingga mampu membawa dampak kepada kesejahteraan masyarakat.

“Kami meyakini ASEAN pada dekade selanjutnya dapat menjadi wilayah yang memimpin menjadi future of production, dengan basis internet of everything sebagai infrastruktur utamanya,” tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6015 seconds (0.1#10.140)