alexa snippet

Ini Lima Produsen Minyak Teratas di Kuartal III/2017

Ini Lima Produsen Minyak Teratas di Kuartal III/2017
Sekitar 70% produksi minyak nasional disumbangkan oleh lima KKKS migas. Foto: Ilustrasi
A+ A-
BOGOR - Target produksi minyak siap jual (lifting) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 ditetapkan sebesar 815.000 barel per hari (bph). Dari angka tersebut, hingga kuartal III/2017, tercatat pencapaiannya baru sebesar 797.000 bph atau sekitar 98% dari target.

Pencapaian target produksi tersebut tentunya sangat tergantung pada kinerja produksi dari kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas di bawah Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Perusahaan migas mana saja yang produksi minyaknya tertinggi di Indonesia saat ini? Berikut lima produsen minyak teratas Indonesia di kuartal III/2017 berdasarkan data dari SKK Migas yang dikutip SINDOnews.

Di urutan pertama adalah PT Chevron Pacific Indonesia dengan produksi rata-rata sebesar 225.388 bph. Dengan jumlah produksi tersebut, perusahaan migas yang beroperasi di Riau dan Kalimantan Timur ini berkontribusi hingga 28% dari total produksi minyak nasional.

Kemudian, di tempat kedua bertengger ExxonMobil Cepu Ltd dengan produksi rata-rata 201.852 bph. Pengelola lapangan Banyu Urip di Blok Cepu tersebut menyumbang sekitar 25% dari total produksi minyak nasional.

Di tempat ketiga adalah PT Pertamina EP dengan produksi rata-rata 77.436 bph. Dengan jumlah produksi sebesar itu, anak usaha PT Pertamina (Persero) ini menyumbang hampir 10% dari total produksi minyak nasional.

Selanjutnya, Total E&P Indonesie yang menghasilkan minyak rata-rata sebanyak 53.605 bph atau sekitar 6,7% dari total produksi minyak nasional.

Sementara di urutan kelima adalah PT Pertamina Hulu Energi ONWJ Ltd dengan produksi sebanyak 32.790 bph. Anak usaha Pertamina yang dikenal dengan kehandalannya dalam mengoperasikan lapangan migas lepas pantai ini menyumbangkan sekitar 4% produksi minyak nasional.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top