Workshop Astra 2023: Kampung Berseri Astra Pekayon Peduli Lingkungan 'untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia'

Kamis, 23 November 2023 - 17:50 WIB
loading...
Workshop Astra 2023: Kampung Berseri Astra Pekayon Peduli Lingkungan untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia
Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto praktik ecoprint pada Workshop Lingkungan Astra 2023 di Kampung Berseri Astra Pekayon, Bekasi didampingi Ketua KBA Pekayon Eko Purwanto dan Tokoh Penggerak KBA Lala Gozali. (Foto: dok Astra)
A A A
BEKASI - Satu demi satu dedaunan dari berbagai jenis ditata rapi pada selembar kain putih yang digelar di sebuah balai pertemuan. Pada hari-hari biasanya jari jemari para Ibu pengrajin saling bekerja sama dalam proses penyusunan lembar demi lembar daun hingga menghasilkan sebuah pola pada produk kerajinan kain ecoprint. Namun pemandangannya berbeda untuk hari ini.

Para Ibu pengrajin justru memberikan pendampingan kepada rombongan yang datang dan ingin mempelajari proses membuat batik ecoprint di Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon, Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (23/11/2023).

Sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian lingkungan hidup bersama sejumlah wartawan serta blogger, Astra mengunjungi KBA Pekayon, Bekasi yang telah dibina oleh Astra sejak tahun 2015.

“Kampung Berseri Astra merupakan salah satu inisiatif yang dijalankan perusahaan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan masyarakat secara berkelanjutan. Astra terus berkomitmen mendukung aksi peduli lingkungan yang dilakukan oleh Kampung Berseri Astra termasuk KBA Pekayon, Bekasi, Jawa Barat,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta diajak untuk mengenal lebih jauh terkait berbagai upaya menjaga kelestarian lingkungan yang diterapkan oleh warga sekitar. Mulai dari praktik ecoprint secara langsung, mengeksplorasi KBA yang memiliki luas 17 hektar tersebut, mengikuti Go Green Mini Tour KBA Pekayon Zona Hijau, praktik memilah sampah, mengolah minyak jelantah menjadi produk bermanfaat seperti aromaterapi, pembuatan eco enzim hingga mendapatkan pengetahuan terkait pola bersih hidup sehat atau PHBS.

Selain itu, dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, para warga juga menanam tanaman hias, tanaman konsumsi, hingga tanaman herbal yang berkhasiat yang tumbuh di atap dan pekarangan rumah mereka. Selain menghijaukan lingkungan, tanaman tersebut juga bisa menjadi sumber pangan yang mana kelebihan hasil panennya dapat dijual dan menambah penghasilan warga.

Workshop Astra 2023: Kampung Berseri Astra Pekayon Peduli Lingkungan 'untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia'

Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto (kanan) meninjau tanaman konsumsi yang ada di Taman Bibit & Hidroponik warga Kampung Berseri Astra Pekayon, Bekasi pada kegiatan Workshop Lingkungan Astra 2023. (Foto: dok Astra)

Tentang Kampung Berseri Astra Pekayon
Kampung Berseri Astra (KBA) adalah program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang mengintegrasikan inisiatif empat pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra dalam satu komunitas kampung.

Program pengembangan masyarakat KBA dijalankan dengan berbasis komunitas dalam satu kampung yang mengintegrasikan inisiatif empat pilar Public Contribution Roadmap, yakni Astra untuk Indonesia Sehat, Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Hijau, dan Astra untuk Indonesia Kreatif. Melalui pelaksanaan program KBA, Astra ingin mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sesuai dengan keempat pilar tersebut.

Pada pilar kesehatan di KBA Pekayon, warga memiliki posyandu, poswindu yang rutin dilakukan secara 'door to door'. Warga setempat juga secara aktif melakukan senam rutin bersama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)