Strategi Digital Marketing Bidik Pasar Gen Z dan Milenial

Kamis, 23 November 2023 - 19:28 WIB
loading...
Strategi Digital Marketing Bidik Pasar Gen Z dan Milenial
Marketing Staff Aninda Putri Nabila dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Rabu (22/11/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seiring bergulirnya waktu, pasar konsumen semakin didominasi oleh Generasi Z , generasi yang tumbuh di era digital dan memiliki pengaruh signifikan dalam tren konsumsi. Untuk meraih kesuksesan di pasar saat ini, memahami dan menyesuaikan strategi pemasaran dengan preferensi Generasi Z menjadi kunci utama.

Adapun, Generasi Z memainkan peran sentral dalam pembentukan tren dan gaya hidup. Gen Z, sebutan mereka, bukan hanya konsumen aktif, tetapi juga kreator konten digital. Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk memahami dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka agar dapat menarik perhatian dan kepercayaan Gen Z.

"Penting untuk menjadikan Gen Z dan target pasar, karena sebagian besar pasar dikuasi oleh generasi tersebut dan sangat berpengaruh," kata Marketing Staff Aninda Putri Nabila dalam Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Rabu (22/11/2023).



Aninda menjelaskan, dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, brand image memiliki peran yang lebih penting daripada sekadar promosi untuk meraih kesuksesan jangka panjang. Menurutnya, Brand image mencerminkan citra perusahaan di mata konsumen dan dapat memainkan peran krusial dalam membentuk persepsi positif atau negatif terhadap produk atau layanan.

Sebagai konsumen utama di era digital, lanjut Aninda, memiliki kecenderungan untuk mendalami lebih jauh tentang suatu produk sebelum membuat keputusan pembelian. Mereka tidak lagi terpaku pada taktik hard selling, tetapi lebih suka mencari informasi secara menyeluruh, termasuk membaca ulasan dari berbagai platform. Keterampilan mereka dalam menelusuri latar belakang produk menjadi strategi berharga untuk menghindari penipuan.



"Gen Z lebih suka story telling, jadi harus ada ceritanya dulu untuk menarik pembeli. Jadi sebagai audience pembeli akan terbawa dan percaya dengan produk tersebut," ujar Aninda.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)