9 Dokumen yang Dibutuhkan Daftar Beasiswa LPDP 2024, Lengkapi Mulai Sekarang

Jum'at, 24 November 2023 - 08:03 WIB
loading...
9 Dokumen yang Dibutuhkan Daftar Beasiswa LPDP 2024, Lengkapi Mulai Sekarang
Salah satu dokumen yang dibutuhkan mendaftar beasisewa LPDP 2024 adalah surat rekomendasi yang bisa diperoleh dari akademisi atau tokoh masyarakat. Foto/Seskab
A A A
JAKARTA - Ini 9 dokumen penting yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024. Jika mengacu pada pembukaan pendaftaran beasiswa LPDP tahun 2023, maka besar kemungkinan pendaftaran LPDP 2024 akan dibuka Januari mendatang.

Mahasiswa yang berminat mendatar beasiswa LPDP 2024 perlu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar. Apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas 9 dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar LPDP 2024, simak ya!

9 Dokumen untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024


1. Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga


Kartu identitas ini dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024 sebagai bukti bahwa kamu benar-benar penduduk asli Indonesia.

2. Pas Foto Terbaru

3. Surat Keterangan Sehat


Untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024, pastikan kamu dalam kondisi sehat fisik dan mental.


4. Surat Rekomendasi


Salah satu dokumen lain yang perlu disiapkan mahasiswa untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024 adalah surat rekomendasi. Kamu wajib mencantumkan surat rekomendasi yang bisa kamu peroleh dari akademisi atau tokoh masyarakat.

5. Surat Usulan Mengikuti Seleksi Beasiswa LPDP


Bagi pendaftar beasiswa LPDP 2024 dari kalangan CPNS, PNS, TNI atau Polri, harus mempunyai surat usulan dari instansi.

6. LoA (Letter of Acceptance)


Dokumen lain untuk mendaftar LPDP 2024 adalah LoA. Namun tidak semua program LPDP wajib mencantumkan LoA. Namun kalau kamu bisa mencantumkan LoA saat mendaftar, maka kamu tidak perlu mengikuti seleksi Skolastik.

7. Esai Komitmen Kembali ke Indonesia


Dana yang digelontorkan pada beasiswa LPDP menggunakan uang negara. Sehingga para awardee LPDP wajib pulang dan langsung mengimplementasikan rencana untuk berkontribusi di Indonesia.

8. Sertifikat Bahasa


Sertifikat bahasa yang digunakan untuk mendaftar LPDP 2024 berupa IELTS dan TOEFL. Ada beberapa kategori beasiswa LPDP dan semuanya punya syarat skor IELTS dan TOEFL yang berbeda-beda. Berikut syarat skor IELTS dan TOEFL untuk mendaftar LPDP 2024:

Kamu perlu memiliki dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com) atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Pendaftar program Magister Dalam Negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® ITP 500, TOEFL® iBT 61, PTE Academic 50; atau IELTS™ 6,0.

b. Pendaftar program Magister Luar Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80; PTE Academic 58; atau IELTS™ 6,5.

c. Pendaftar program Doktor Dalam Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® ITP 530, TOEFL® iBT 70, PTE Academic 50; atau IELTS™ 6,0.

d. Pendaftar program Doktor Luar Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 94; PTE Academic 65; atau IELTS™ 7,0.

9. Ijazah dan Transkrip Nilai


Satu lagi dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar LPDP 2024 adalah ijazah dan transkrip nilai. Ijazah dan transkrip nilai ini perlu dilegalsiir sekaligus diterjemahkan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2676 seconds (0.1#10.140)