alexametrics

Banyak Lowongan Kerja, Saatnya WNI Pulang Kampung

loading...
Banyak Lowongan Kerja, Saatnya WNI Pulang Kampung
Kampanye 'Pulang Kampung' telah membantu banyak perusahaan mengidentifikasi dan mempekerjakan kandidat berbakat Indonesia yang terampil di luar negeri. Grafis/Ist
A+ A-
JAKARTA - Tanggapan atas permintaan dari perusahaan yang membutuhkan profesional lokal dengan kemampuan dwibahasa dan pengalaman internasional, sepertinya kampanye 'Pulang Kampung' telah membantu banyak perusahaan mengidentifikasi dan mempekerjakan kandidat berbakat Indonesia yang terampil di luar negeri.

(Baca: Kriteria Pegawai yang Dibutuhkan Perusahaan Zaman Now)

Untuk mempertahankan kandidat teratas tersebut, perusahaan perlu memastikan bahwa mereka memiliki program pelatihan dan pengembangan berkualitas, selain menawarkan paket remunerasi yang menarik.

Misalnya di sektor perbankan dan jasa keuangan, pertumbuhan digitalisasi mengakibatkan tingginya permintaan bagi kandidat yang ahli dalam menangani data. Pencari kerja yang berpengalaman dalam statistik dan analisis data akan sangat diminati.

"Pelaku bisnis mungkin merasa sulit menemukan kandidat dengan kemampuan risiko kredit dan keterampilan penyesuaian, karena pasar kerja yang sudah ketat menghadapi persaingan lebih jauh dari perusahaan fintech yang baru muncul," ujar Country Manager Robert Walters Indonesia Rob Bryson di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Kandidat profesional dalam bidang SDM terbukti mampu meningkatkan kinerja bisnis dan mengelola perubahan perusahaan yang kompleks. Terutama, dengan pengalaman global atau regional yang akan diminati sektor SDM.

Sementara di sektor TI, permintaan kandidat teknologi kreatif serta data scientist dengan kemampuan mengolah big data dan kemampuan komunikasi yang efektif dengan pemangku kepentingan akan terus berlanjut.

"Kandidat yang baik di sektor ini dapat melihat kenaikan sebesar 30%-40% seat pindah ke perusahaan baru," jelas dia.

Kemudian, banyak perusahaan yang mencari pengacara in-house karena pemahaman mereka yang lebih besar tentang tuntutan komersial. Beberapa pengacara ahli dalam praktik swasta melihat kenaikan gaji sebesar 50% saat pindah ke firma hukum internasional yang baru.

Terakhir, di sektor sales dan marketing, perusahaan baru dan mapan yang masuk ke Indonesia akan terus mencari kandidat berkualitas, yang dapat meningkatkan bagian terpenting di semua sektor.

"Perusahaan akan ditantang untuk menemukan kandidat yang memiliki motivasi tinggi, berkemampuan dwibahasa dan terampil secara teknis," tutur Rob.

Baca Juga:

Pasar Lapangan Kerja ASEAN Atraktif Sepanjang 2017


Perusahaan Harus Gerak Cepat Saat Rekrut Pegawai
(izz)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak