Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 12, Beserta Penjelasannya

Jum'at, 24 November 2023 - 11:44 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 12, Beserta Penjelasannya
Aasbabun nuzul surat yasin ayat 12 ini sendiri menjelaskan tentang inisiatif orang-orang bani salamah yang tinggal di pinggiran kota Madinah ingin tinggal di dekat Masjid Nabawi. Foto ilustrasi/ist
A A A
Surat Yasin ayat 12 menjelaskan tentang kuasa Allah SWT yang dapat membangkitkan kembali orang-orang di saat hari Kiamat. Dijelaskan juga tentang pencatatan kebaikan dan keburukan seseorang semasa masih hidup di dunia.

Untuk asbabun nuzul surat yasin ayat 12 ini sendiri menjelaskan tentang inisiatif orang-orang bani salamah yang tinggal di pinggiran kota Madinah ingin tinggal di dekat Masjid Nabawi.

Namun hal tersebut dicegah oleh Rasulullah SAW karena tirunnya firman Allah SWT Surat Yasin ayat 12, seperti yang dijelaskan dalam buku "Asbabun Nuzul : Sebab Sebab Turunnya Ayat Al Qur'an Imam As-Suyuthi",.

Allah SWT Berfirman :

إِنَّا نَحْنُ نُحْىِ ٱلْمَوْتَىٰ وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا۟ وَءَاثَٰرَهُمْ ۚ وَكُلَّ شَىْءٍ أَحْصَيْنَٰهُ فِىٓ إِمَامٍ مُّبِينٍ


Innā naḥnu nuḥyil-mautā wa naktubu mā qaddamụ wa āṡārahum, wa kulla syai`in aḥṣaināhu fī imāmim mubīn

Artinya: Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Diriwayatkan oleh At Tirmidzi dengan sanad yang hasan, dan Al Hakim dengan sanad yang sahih, dari Abu Sa'id Al Khudri, ia berkata ;

"Bahwa Bani Salamah yang bertempat di pinggiran Kota Madinah ingin pindah ke dekat Masjid Nabawi. Maka turunlah ayat, "Sesungguhnya Kami pindah ke menghidupkan orang-orang mati dan kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan."

Maka Nabi Muhammad bersabda, "Sesungguhnya bekas telapak tangan kalian menuju masjid dicatat oleh Allah sebaiknya kalian jangan pindah dari tempat kalian."

Sumber :

Imam As-Suyuthi. 2014. Asbabun Nuzul : Sebab Sebab Turunnya Ayat Al Qur'an. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)