Pangsa Pasar Semen Indonesia di Jawa Timur Alami Peningkatan

Jum'at, 24 November 2023 - 12:24 WIB
loading...
Pangsa Pasar Semen Indonesia di Jawa Timur Alami Peningkatan
SIG melaporkan penjualan semen di area Jawa Timur selama periode Januari hingga Oktober 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Semen Indonesia Tbk (Persero) atau SIG mencatatkan penjualan semen di area Jawa Timur (Jatim) berhasil mencapai 3,02 juta ton selama periode Januari hingga Oktober 2023. Dengan pencapaian tersebut pangsa pasar di Jatim mencapai 61,1% pada Oktober 2023 mengalami peningkatan sebesar 1,6% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Direktur Utama SIG Donny Arsal mengungkapkan hasil ini dapat dicapai berkat dukungan yang signifikan dari distributor lokal dalam mempertahankan jaringan pelanggan hingga ke pengguna akhir.

"Dukungan ini diharapkan terus berlanjut untuk memperkuat kepercayaan pengguna akhir, sehingga permintaan terhadap produk-produk SIG dapat terus meningkat," kata dia dalam pernyataannya, dikutip Jumat (24/11/2023).



menyampaikan apresiasi terhadap loyalitas mitra bisnis yang telah turut serta dalam membangun kesuksesan bersama SIG, serta mendukung upaya pembangunan di Indonesia. "Jawa Timur memiliki potensi untuk terus berkembang, khususnya di sektor infrastruktur," tambah Donny Arsal.

Meskipun menghadapi tantangan persaingan pasar yang ketat dan tekanan biaya komoditas, SIG berhasil meraih kinerja positif. Pada periode Januari sampai September 2023, Semen Indonesia (Persero) Tbk mencatat pendapatan sebesar Rp 27,7 triliun, mengalami peningkatan sebesar 4%.



Total volume penjualan juga meningkat sebesar 5,9%, terutama didorong pertumbuhan segmen curah dan ekspor. Laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada kuartal III 2023 naik sebesar 1,8% menjadi Rp 1,71 triliun.

Selama acara retail gathering ini, pelanggan diperkenalkan dengan berbagai produk SIG. Saat ini, SIG memiliki enam merek semen yang mendominasi pasar di masing-masing wilayahnya, antara lain Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa, Dynamix, Semen Andalas, serta Semen Baturaja.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)