IKN Nusantara Punya Kemiripan dengan Kota Sejong, BUMN Korsel Digandeng Atur Tata Ruang

Senin, 27 November 2023 - 19:06 WIB
loading...
IKN Nusantara Punya Kemiripan dengan Kota Sejong, BUMN Korsel Digandeng Atur Tata Ruang
Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) jajaki peluang kerjasama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) yang nantinya bakal mengatur tata ruang di IKN terkait Rencana pengembangan kota. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) jajaki peluang kerjasama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) yang nantinya bakal mengatur tata ruang di IKN terkait Rencana pengembangan kota.



Sekretaris OIKN, Jaka Santos mengatakan, rancangan pembangunan Nusantara memiliki masterplan yang tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik, tetapi juga aspek non-fisik seperti penddikan, peningkatan keterampilan bagi warga lokal, dan pengawasan tingkat keberlanjutan kota.

"Visi utama kita tidak membangun dan memindahkan orang-orang untuk berada di Nusantara , visi utama kita adalah menciptakan budaya baru yang cerdas, berkelanjutan, dan kreatif," ujar Jaka Santos dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/11/2023).



Menurutnya, jajak kerjasama yang dilakukan bersama KOICA merupakan hal yang sangat diantisipasi oleh Otorita IKN. Hal ini dikarenakan KOICA juga merupakan Badan Pemerintahan Korea Selatan yang pernah berpartisipasi dalam proyek pengembangan Ibu Kota 'kedua' di Korea Selatan yaitu Kota Sejong.

“Miripnya Sejong dan Nusantara dalam hal bagaimana keduanya dibangun menjadi harapan kami untuk bisa meningkatkan eskalasi kerja sama kedepannya," sambungnya.

Head of team of Urban Policy KOICA, Jeogho Moon mengatakan, saat ini timnya telah menyusun rencana pengembangan IKN kedepannya. Moon menjelaskan community center atau pusat kegiatan masyarakat dalam tata ruang perkotaan berdasarkan pengalamannya meneliti dan membangun Kota Sejong merupakan peran penting

“Ketika Kota Sejong baru dibangun, baik community center maupun ruang-ruang publik sangatlah terbatas. Ini menyebabkan tidak banyak masyarakat yang tinggal di Sejong merasa betah untuk tinggal. Beberapa survei yang kami lakukan juga menunjukkan tidak banyak masyarakat yang ingin tinggal lama di Sejong. Wawasan ini yang ingin kami bawa ke Nusantara," lanjutnya.

Moon juga menambahkan, akan pentingnya ruang publik yang inklusif, dapat diakses siapapun, dan bermanfaat karena kunci dari pertumbuhan komunitas yang ada di suatu kota juga berasal dari ruang publik.

Ruang publik yang yang mampu mengakomodir kebutuhan-kebutuhan warganya akan meningkatkan keberlangsungan sebuah komunitas. Dari situ juga akan pararel dengan pertumbuhan ekonomi yang menyokong wilayah tersebut.

KOICA juga akan berencana mengunjungi Nusantara untuk mematangkan strategi kerja sama yang nantinya akan dibawakan oleh KOICA. KOICA memiliki peran dalam ODA (Official Development Assistance/ Bantuan Pembangunan Resmi) Korea Selatan, untuk negara-negara berkembang dengan melaksanakan program hibah dan kerjasama teknis pemerintah.

KOICA bertujuan mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan mengatasi kemiskinan di negara-negara berkembang, serta memberikan kontribusi pada isu-isu global melalui kerjasama pembangunan internasional untuk bersinergi dengan komunitas internasional.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)