Ganjar Sejati Tingkatkan Penghasilan Petani lewat Pelatihan Pengolahan Lemon Kering

Senin, 27 November 2023 - 10:30 WIB
loading...
Ganjar Sejati Tingkatkan Penghasilan Petani lewat Pelatihan Pengolahan Lemon Kering
Ganjar Sejati menggelar pelatihan membuat lemon kering di Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukarelawan Ganjar Sejati tak henti-hentinya memberikan solusi atas permasalahan yang dialami para warga di beberapa daerah Jawa Barat. Kali ini, loyalis calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tersebut menggelar pelatihan membuat lemon kering bersama para petani lemon, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Koordinator Daerah (Korda) Ganjar Sejati Bandung Barat Poppy Siti Noeraeni menyatakan pihaknya menggandeng Kelompok Tani Melati Jayagiri Lembang, Bandung Barat, untuk melaksanakan pelatihan dried lemon atau lemon kering dari hasil panen petani di sini.

Baca Juga: TGB Sebut Ganjar-Mahfud Contoh Baik untuk Gen Z yang Menghargai Proses

Ganjar Sejati merespons permasalahan para petani lemon yang beberapa lalu harga jual lemon sempat jatuh. "Kami mengadakan pelatihan ini karena kemarin harga lemon jatuh, mulai Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp 5 ribu," katanya.

Karena itu, sukarelawan Ganjar Pranowo tersebut membantu mencari solusi untuk mereka dengan mengadakan pelatihan ini. Buah yang diolah adalah lemon yang tak lolos sortir, tetapi masih layak konsumsi sehingga harganya lebih murah.

"Nah, kami memikirkan bagaimana caranya agar petani mendapat kembali penghasilan terbaik dari lemon," kata Poppy.

Dalam pelatihan ini, Ganjar Sejati menyediakan mesin untuk dimasukkan lemon yang telah dipotong-potong. Menurut Poppy, harga jual lemon kering sekitar Rp 200 ribu-Rp 300 ribu per kilogram.

"Kami bekerja sama dengan petani lemon. Mereka menyetorkan buah misalnya 20 kg menjadi 2 kg lemon kering. Hasilnya dibagi dua. Misalnya, kami menjual Rp 400 ribu. Untuk petani Rp 200 ribu, untuk kami Rp 200 ribu dari hasil penjualan ke kafe-kafe," katanya

Poppy berharap adanya pelatihan pembuatan lemon kering hingga cara pengemasannya bisa membantu menaikkan pendapatan para petani lemon.

Selain itu, membuka peluang usaha bagi masyarakat Bandung Barat untuk menjual lemon kering.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6218 seconds (0.1#10.140)