PLN Gerak Cepat Tangani Tower yang Roboh di Sukabumi

Sabtu, 02 Desember 2017 - 17:45 WIB
PLN Gerak Cepat Tangani Tower yang Roboh di Sukabumi
PLN Gerak Cepat Tangani Tower yang Roboh di Sukabumi
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) bergerak cepat menangani robohnya tower transmisi 150 kV yang roboh di daerah Cijarian Bojonggaling, Palabuhanratu, Sukabumi, akibat dampak cuaca buruk beberapa hari terakhir. Tak hanya itu, PLN menyatakan terus bersiaga untuk mengatisipasi kejadian yang tak diinginkan serta melakukan perbaikan yang dibutuhkan.

"Pada setiap kejadian bencana PLN akan sealu reaktif. Biasanya petugas PLN akan bersiaga terus untuk mengantisipasi dan melakukan maintenance," ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka kepada SINDOnews, Sabtu (2/12/2017).

Cuaca buruk yang melanda Indonesia beberapa waktu terakhir telah menyebabkan sebagian wilayah terkena bencana, mulai dari angin kencang, banjir hingga longsor. Di beberapa daerah, bencana menyebabkan rusaknya sarana maupun prasarana umum. Beberapa hari lalu, tower SUTET 150 kV PLN roboh akibat hujan lebat dan cuaca buruk yang menyebabkan fondasi tower tergerus. Akibatnya, pasokan listrik ke sebagian wilayah di Sukabumi, Cianjur, dan Bogor terkena dampak.

Saat ini, perbaikan tengah dilakukan agar pasokan listrik segera kembali normal. Perbaikan yang dilakukan mencakup pembersihan dan penebangan pohon mengingat lokasi tower yang berada di area hutan dan perkebunan masyarakat. PLN juga merelokasi konduktor, melakukan penarikan konduktor, pembenahan tiang transmisi, dan memasang tower darurat (emergency) agar listrik segera menyala.

PLN sebelumnya juga telah menyatakan permohonan maafnya kepada para pelanggan akibat pemadaman yang terjadi. PLN juga menegaskan bahwa proses perbaikan terus dilakukan dengan segera agar pasokan listrik ke konsumen kembali normal.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7573 seconds (0.1#10.140)