Istri Cak Imin Dorong Finalis Hijabfluencer Jadi Duta Industri Halal Indonesia

Selasa, 28 November 2023 - 23:55 WIB
loading...
Istri Cak Imin Dorong Finalis Hijabfluencer Jadi Duta Industri Halal Indonesia
Istri Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) Rustini Murtadho meminta para finalis Putri Hijabfluencer 2023 menjadi duta Industri Halal Indonesia. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Istri Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) Rustini Murtadho meminta para finalis Putri Hijabfluencer 2023 menjadi duta Industri Halal Indonesia . Dia menilai potensi industri halal Indonesia begitu besar, sehingga harus terus dikawal baik dari sisi regulasi maupun marketing.

Hal itu disampaikan Mbak Rose, sapaan akrab Rustini Murtadho, saat menerima para finalis Putri Hijabfluencer dari 38 provinsi se-Indonesia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Para finalis putri Hijabfluencer merupakan peserta yang lolos dari seleksi ketat dari seluruh Indonesia. Selain fisik yang sehat, para finalis Putri Hijabfluencer ini memenuhi beberapa kriteria tertentu lainnya seperti wawasan keagamaan, wawasan kebangsaan, hingga keluwesan dalam pergaulan sosial.



"Para finalis Putri Hijabfluencer ini tentu mereka yang memiliki keunggulan tertentu, sehingga sampai pada malam final. Tidak hanya sehat fisik tetapi juga punya wawasan dan atittude baik. Kami tentu berharap adik-adik sekalian bisa menjadi duta-duta untuk memasarkan Industri halal baik di dalam maupun di luar negeri," ujar Mbak Rose.

Dia mengungkapkan Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia. Ada sekitar 237,6 juta jiwa penduduk muslim di Indonesia atau 86,7% dari total penduduk Indonesia. Kondisi ini membuat Indonesia menjadi salah satu pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia.

"Potensi pengembangan ekonomi halal baik berupa makanan, minuman, fashion, hingga keuangan syariah di Indonesia sangat besar. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan industri halal global," katanya.



Berdasarkan laporan pasar halal pada 2022, ekonomi halal dapat meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar USD5,1 miliar per tahun melalui ekspor serta peluang investasi. Dalam laporan tersebut Indonesia berada di peringkat kedua khususnya untuk makanan dan minuman.

"Indonesia juga mendapat peringkat ketiga secara global di bidang fashion, dan peringkat keenam di bidang keuangan Islam," ujarnya.

Dari data tersebut, kata Mbak Rose, ajang seperti Putri Hijabfluencer ini sangat penting untuk menopang ekonomi halal di Tanah Air. Dengan ajang seperti ini, akan membangun awaraness (pemahaman) publik besarnya peluang Indonesia untuk menjadi pemain utama dalam industri halal global.

"Peluang ini harus diambil. Semua sektor harus bergerak. Pelaku UMKM, lembaga keuangan syariah, pelaku industri fashion, industri makanan harus mengambil peluang untuk menjadikan Indonesia sebagai pemain ekonomi halal global," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)