Vladimir Putin: Rusia yang Kuat Penting Bagi Tatanan Dunia

Rabu, 29 November 2023 - 02:06 WIB
loading...
Vladimir Putin: Rusia yang Kuat Penting Bagi Tatanan Dunia
Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan, tidak akan ada stabilitas global tanpa Rusia yang kuat dan berdaulat. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia , Vladimir Putin mengatakan, tidak akan ada stabilitas global tanpa Rusia yang kuat dan berdaulat. Hal itu dikatakannya di depan Dewan Rakyat Rusia Internasional pada Jumat lalu.

Presiden Rusia itu memberikan pidato kepada organisasi tersebut melalui tautan video dari Kremlin. Ia mengingatkan para peserta bahwa Rusia adalah negara sekaligus peradaban, dan telah berulang kali menjadi benteng melawan mereka yang berusaha menjadi “luar biasa” dan mendominasi planet ini.

“Hari ini kami berjuang bukan hanya demi kebebasan Rusia, tapi juga kebebasan seluruh dunia,” kata Putin.



“Negara kita kini berada di garis depan dalam menciptakan tatanan dunia yang lebih adil. Dan saya ingin menekankan: tanpa Rusia yang berdaulat dan kuat, tidak mungkin ada tatanan dunia yang stabil dan abadi,” cetusnya seperti dikutip dari RT, Rabu (29/11/2023).

Dia menggambarkan negara-negara Barat secara terbuka memusuhi Rusia, berupaya mematahkan karakter multinasionalnya dengan pembicaraan mengenai “dekolonisasi” dan perpecahan. Karena tidak dapat melakukannya dengan kekerasan, musuh-musuh Rusia mungkin mencoba mencapai tujuan mereka dengan menyebarkan perselisihan.

“Kami secara terbuka mengatakan bahwa kediktatoran suatu hegemoni – kami melihatnya, semua orang melihatnya sekarang – sudah semakin tua. Hal ini sudah menjadi liar, seperti yang mereka katakan, dan sangat berbahaya bagi semua orang di sekitar kita,” tambah Putin, seraya mencatat bahwa “mayoritas global” telah menyadari hal ini.



Putin lantas memperingatkan bahwa Rusia akan menganggap campur tangan atau provokasi pihak luar yang bertujuan menyebabkan konflik etnis atau agama sebagai “tindakan agresif” dan akan menanganinya “sesuai dengan itu”.

Pemerintah dan media Barat mencoba menggambarkan Rusia sebagai anti-Semit pada akhir Oktober, setelah terjadi kerusuhan di Dagestan yang mayoritas penduduknya Muslim yang dipicu oleh saluran media sosial yang terkait dengan intelijen Ukraina. Pada saat itu, Putin menyebut “elit penguasa AS dan negara-negara satelitnya” sebagai pelaku utama.

Presiden Rusia itu berbicara pada pertemuan peringatan 30 tahun Dewan Rakyat Rusia internasional, sebuah forum yang didirikan pada tahun 1993 dan dipimpin oleh Patriark Kirill dari Moskow. Keanggotaannya mencakup pejabat pemerintah, pemimpin masyarakat sipil, pemimpin kelompok agama besar di Rusia, ilmuwan dan tokoh budaya terkemuka, serta perwakilan komunitas Rusia di luar negeri.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0848 seconds (0.1#10.140)