Hukum Tajwid Surat An Nahl Ayat 114 Lengkap Penjelasan dan Cara Bacanya

Rabu, 29 November 2023 - 10:14 WIB
loading...
Hukum Tajwid Surat An Nahl Ayat 114 Lengkap Penjelasan dan Cara Bacanya
Terdapat sejumlah hukum tajwid surat An Nahl yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam membaca Al-Quran. Foto ilustrasi/ist
A A A
Terdapat sejumlah hukum tajwid surat An Nahl yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam membaca Al-Quran. Sebab sangat penting mengetahui hukum tajwid supaya tidak mengubah makna dan arti dari ayat yang dibaca.

Surat An-Nahl merupakan surat ke-16 dalam Al-Qur’an yang memiliki kandungan makna yang penting diketahui umat Islam. Salah satu ayat yang perlu diketahui adalah ayat yang ke 114.

Di dalam ayat tersebut juga terdapat beberapa hukum tajwid , beberapa di antaranya seperti Mad Thabi'i, Tafkhim, Ikhfa, Ghunnah, Idgham Bighunnah, Idzhar Syafawi, dan Mad Aridh Lissukun. Berikut ulasan lengkapnya.

Hukum Tajwid Surat An Nahl Ayat 114

1. فَكُلُوْ : Hukum tajwidnya Mad Thabi'i karena huruf Lam berharakat dhommah bertemu wawu sukun. Cara bacanya dipanjangkan dua harakat.

2. مِمَّا : Hukum tajwidnya ada 2, yakni Ghunnah dan Mad Thabi'i. Dihukumi ghunnah karena mim bertasydid. Cara bacanya didengungkan dan ditahan 3 harakat. Kedua, Mad Thabi'i karena hurufu im berharakat fathah bertemu alif. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

3. اللّٰهُ : Hukum tajwidnya tafkhim (tebal) karena lafadz lam jalalah didahului mim berharakat dhummah. Cara bacanya ditebalkan.

4. حَلٰلًا طَيِّبًاۖ; Hukum tajwidnya ada 2 yakni, Mad Thabi'i dan Ikhfa. Dihukumi Mad Thabi'i karena huruf lam berharakat alif tegak. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat. Kedua, Ikhfa karena huruf Lam tanwin bertemu huruf Tha. Cara bacanya disamarkan dan dengung.

5. طَيِّبًاۖ وَّ : Hukum tajwidnya Idgham Bighunnah karena huruf ba tanwin bertemu wawu bertasydid. Cara bacanya masuk dengan dengung dan ditahan 3 harakat.

6. وَّاشْكُرُوْ : Hukum tajwidnya Mad Thabi'i karena huruf Ra berharakat dhummah bertemu wawu sukun. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

7. اللّٰهِ : Hukum tajwidnya tafkhim (tebal) karena lafadz lam jalalah didahului mim berharakat dhummah. Cara bacanya ditebalkan.

8. اِنْ كُنْتُمْ: Hukum tajwidnya ada 2 yakni Ikhfa. Sebab, nun sukun bertemu Kaf dan nun sukun bertemu ta. Cara bacanya dengan disamarkan dan dengung.

9. كُنْتُمْ اِيَّاهُ : Hukum tajwidnya ada 2 yakni Izhar Syafawi dan Mad Thabi'i. Izhar Syafawi karena huruf mim sukun bertemu alif. Cara bacanya jelas di bibir. Sedangkan Mad Thabi'i terjadi karena huruf Ya fathah bertemu alif. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

10. تَعْبُدُوْنَ : Hukum tajwidnya Mad Aridh Lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqafkan. Cara bacanya dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Itulah ulasan hukum tajwid Surat An Nahl ayat 114 lengkap dengan penjelasan dan cara bacanya. Semoga bermanfaat.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)