Kunjungan Kerja di Tangerang, DPR RI Tekankan Optimalisasi Program Pelayanan Kesehatan

Rabu, 29 November 2023 - 20:25 WIB
loading...
Kunjungan Kerja di Tangerang, DPR RI Tekankan Optimalisasi Program Pelayanan Kesehatan
Kegiatan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI di Tangerang, tepatnya di Puskesmas Panunggangan. (Foto: dok BPJS Kesehatan)
A A A
TANGERANG - Sebagai salah satu mitra kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), BPJS Kesehatan menjadi salah satu pendamping dalam kegiatan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI di Tangerang, tepatnya di Puskesmas Panunggangan.

Pada kesempatan tersebut, Komisi IX DPR RI didampingi oleh Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan beserta perwakilan instansi lainnya. Harapannya, masing-masing pihak dapat berdiskusi dan mencarikan solusi apabila ditemukan kendala teknis di fasilitas kesehatan.

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI dilaksanakan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan DPR RI atas pelaksanaan Program Kesehatan Nasional, yaitu Program Integrasi Layanan Primer di Kota Tangerang. Kunjungan tersebut diketuai oleh Charles Honoris selaku Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik. Dalam Kunjungan Kerjanya, Komisi IX DPR RI mendengarkan langsung pemaparan pelaksanaan Program Pelayanan Primer serta Pelayanan Kesehatan Nasional di Kota Tangerang.

“Transformasi Kesehatan Nasional mendesak untuk dilakukan. Pilar pertama dalam Transformasi Kesehatan adalah Transformasi Layanan Primer. Transformasi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan primer yang komprehensif dan berkualitas bagi seluruh penduduk Indonesia. Integrasi pelayanan kesehatan primer merupakan lompatan besar dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, dari tingkat desa hingga kelurahan. Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat diarahkan untuk menciptakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan menyeluruh, dengan fokus pada keluarga sebagai unit terkecil masyarakat,” kata Charles, Rabu (29/11/2023).

Charles menambahkan, konsepnya adalah membangun masyarakat Indonesia yang sehat fokusnya di layanan primer promotif preventif. Integrasi pelayanan kesehatan primer diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mendukung pembangunan, dan menciptakan masyarakat yang lebih sehat.

Hal ini merupakan investasi dalam sumber daya manusia untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Melalui transformasi ini, Charles berharap Indonesia dapat menjadi lebih sehat, dengan pelayanan kesehatan primer yang kuat. Pada kesempatan yang sama, Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati menerangkan bahwa salah satu program promotif preventif yang sedang digencarkan ialah Skrining Riwayat Kesehatan.

Upaya tersebut dilakukan untuk mengetahui sedini mungkin potensi risiko penyakit, seperti diabetes mellitus, hipertensi, ginjal kronik, dan jantung koroner sehingga dapat dicegah sebelum terjadinya penyakit.

“Pelayanan Promotif Preventif Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) meliputi promosi kesehatan, Skrining Riwayat Kesehatan, Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), dan Program Rujuk Balik (PRB). Pelayanan promotif preventif ini akan optimal apabila ada kolaborasi dan dukungan dari pemerintah daerah, fasilitas kesehatan dan stakeholder terkait,” ujar Lily.

BPJS Kesehatan mengelompokkan peserta JKN yang berisiko rendah, sedang, dan tinggi melalui skrining riwayat kesehatan. Skrining Riwayat Kesehatan dapat dilakukan oleh FKTP atau secara mandiri melalui aplikasi mobile JKN atau pun melalui website BPJS Kesehatan dan aplikasi Chika 08118750400 yang dapat diakses oleh peserta melalui Whatsapp, Telegram maupun Facebook Messenger.

Apabila hasil Skrining Riwayat Kesehatan dinyatakan tinggi, peserta akan diarahkan ke fasilitas kesehatan untuk diperiksa dan ditangani lebih lanjut. Lily menambahkan, bagi Peserta JKN yang telah menyandang penyakit Kronis, BPJS Kesehatan melakukan intensifikasi pemantauan status kesehatannya melalui Program Rujuk Balik.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)