Alfamart Apresiasi 400 Pedagang Binaan di Yogyakarta

Senin, 11 Desember 2017 - 22:01 WIB
Alfamart Apresiasi 400 Pedagang Binaan di Yogyakarta
Alfamart Apresiasi 400 Pedagang Binaan di Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) mengumpulkan sebanyak 400 pedagang warung tradisional yang tergabung dalam kemitraan program Outlet Binaan Alfamart (OBA) di Yogyakarta sebagai bentuk apresiasi, sekaligus memberikan penghargaan terhadap warung binaan terbaik.

“Acara ini digelar sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap para pedagang binaan. Ini bertujuan menjalin kedekatan agar hubungan kemitraan semakin baik di masa mendatang,” terang Corporate Affair Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Solihin di Yogyakarta, Senin (11/12/2017).

Menurut Solihin pihaknya selama ini terus memberikan edukasi terhadap warung binaan, termasuk memberikan banyak kemudahan bagi warung binaan. Edukasi dinilai penting lantaran masih banyak pemilik warung tradisional yang belum bisa memberikan layanan yang baik.

“Dalam usaha ritel kuncinya hanya dua, pelayanan dan efisiensi. Kami didik pemilik warung untuk bisa disiplin dan memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan,” terangnya.

Saat ini lanjut Solihin, Alfamart sudah selama 10 tahun lebih membina puluhan ribu warung tradisional di seluruh Indonesia. OBA yang dijalankan dengan sistem keanggotaan ini merupakan salah satu program CSR berkelanjutan. Alfamart memang fokus terhadap pemberdayaan pelaku usaha mikro dan kecil.

Untuk lebih memberikan layanan kepada para pedagang tradisional ini, Alfamart juga meluncurkan Alfamikro Apps. Dengan aplikasi ini pedagang bisa langsung memeasn barang tanpa harus datang ke Alfamart. “Toko terdekat kami akan segera mengirim barang pesanan mereka. Ini bentuk efisiensi dan layanan terhadap pedagang yang kami berikan,” terangnya.

Anggota OBA juga memperoleh kemudahan seperti penyediaan pasokan barang berkualitas, dapat memesan barang ke toko dengan harga khusus dan siap antar tanpa dikenai ongkos kirim. Pedagang juga diajak mengikuti pelatihan manajemen ritel modern, dengan materi teknik menata barang, pengetahuan produk, arus kas hingga melayani konsumen. Alfamart juga memberikan bantuan dress up warung untuk mempercantik tampilan warung.

Hingga saat ini program OBA telah diaplikasikan di berbagai kota yang tersebar di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, bali dan Lombok. Hingga Oktober 2017 jumlah OBA yang aktif mencapai 48.809 pedagang dan sudah 1.041 warung yang telah direnovasi.

Sumini, 60, warga Jombor, Sleman mengaku sudah empat tahun menjadi binaan Alfamart. Awalnya dia hanya berbelanja di Alfamart sebesar Rp100.000-300.000 setiap hari. Namun kini nilai belanjanya di Alfamart meningkat, rata-rata menjadi Rp1,5 juta per hari.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4127 seconds (0.1#10.140)