Jelang Natal-Tahun Baru, Harga Cabai di Cirebon Naik 60%

Selasa, 12 Desember 2017 - 09:57 WIB
Jelang Natal-Tahun Baru, Harga Cabai di Cirebon Naik 60%
Jelang Natal-Tahun Baru, Harga Cabai di Cirebon Naik 60%
A A A
CIREBON - Menjelang Natal dan Tahun Baru, harga sejumlah kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cirebon merangkak naik. Seperti di Pasar Pabuaran, Cirebon semua jenis harga cabai naik rata rata hingga 60% lebih.

Selian naiknya menjelang Natal dan Tahun Baru, cuaca buruk akibat gagal panen juga menjadi penyebab naiknya harga cabai di pasaran. Saat ini harga cabai merah dijual Rp30 ribu per kilogram (kg). Padahal, satu minggu sebelumnya hanya dijual Rp25 ribu per kg.

Sementara, harga cabai merah kriting dari harga normal Rp23 ribu per kg, naik menjadi Rp32 ribu per kg. Harga cabai rawit dari semula Rp16 ribu per kg, kini naik menjadi Rp22 ribu per kg.

"Selain komoditi cabai, kenaikan harga juga terjadi pada komoditi lainnya, seperti kentang, tomat, dan bawang merah, yang naik Rp5 ribu per kg," kata Ato, pedagang di daerah tersebut, Selasa (12/12/2017).

Harga bahan bumbu dapur juga mengalamai kenaikan menjelang datangnya perayaan Natal dan akhir tahun. Hal ini diakibatkan permintaan masyarakat meningkat, sehingga pasokan dari distributor mengalami kekurangan.

Selain itu juga kenaikan harga disebabkan karena para petani mengalami gagal panen akibat cuaca buruk. Akibat naiknya bumbu dapur, pedagang mengalami penurunan omzet.

Meski mengalami penurunan omzet, pedagang juga memprediksikan pembeli saat mendekati Natal akan kebanjiran pembelidan pedagang berharap pemerintah bisa menstabilkan harga kebutuhan pokok yang kian melambung tinggi di pasaran.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4167 seconds (0.1#10.140)