Pertamina Makin Serius Garap Energi Baru dan Terbarukan

Selasa, 12 Desember 2017 - 17:00 WIB
Pertamina Makin Serius Garap Energi Baru dan Terbarukan
Pertamina Makin Serius Garap Energi Baru dan Terbarukan
A A A
JAKARTA - Produksi geothermal PT Pertamina (Persero) hingga saat ini tercatat telah mencapai sebesar 31% atau 2.932 GWh. Pencapaian tersebut menjadi salah satu tolok ukur keseriusan Pertamina dalam pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik memaparkan, konsumsi biodiesel dalam negeri mencapai 2,7 miliar liter pada 2016. Pada 2020 diproyeksikan konsumsi biodiesel mencapai 3,9 miliar liter Biodiesel 30 (B30).

"Pertamina mengelola operasi pasokan Biodiesel di 60 terminal di seluruh Indonesia. Tantangan akan muncul dalam implementasi mencapai standar Biodiesel 30 yang akan diterapkan pada tahun 2020," ujarnya di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Sementara itu, dia menjelaskan, pengembangan solar panel saat ini sudah diterapkan Pertamina di wilayah operasi Pertamina, kawasan perkantoran, Zona Ekonomi Khusus dan industri. "Upaya yang dilakukan Pertamina tersebut harus didukung penuh oleh pemerintah. Karena sinergi antara pelaku usaha dan pemangku kepentingan amat dibutuhkan demi tercapainya iklim investasi yang baik," kata Elia.

Diungkapkan olehnya, kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah juga diharapkan mampu menjaga industri energi ini berkembang pesat. Sehingga perkembangan ekonomi serta kelestarian lingkungan dapat cepat tercapai.

"Pertamina yang mendapatkan tugas dalam mendorong kemandirian energi Indonesia, juga senantiasa berupaya melakukan inisiatif dengan menggali permasalahan yang menjadi tantangan dalam pengembangan energi baru terbarukan dan menghadirkan solusi bagi pengembangan energi terbarukan di Indonesia," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3143 seconds (0.1#10.140)